Mini Riset
Tema: Inoveasi Kreatif dengan Literasi
Judul: Analisis Alasan seorang memulai Usaha Mikro Kecil Menengah
Pengarang: Faradila Bayu Aulia (jurusan manajemen, fakultas ekonomi universitas islam negeri malik Ibrahim malang)
Kelompok: 9
a. Latar Belakang
Indonesia adalah salah satu negara berkembang, hingga Desember 2020 mencapai 271.349.889 jiwa dan akan terus bertambah.
Banyaknya jumlah penduduk juga mempengaruhi lapangan pekerjaan. Jika semakin banyak jumlah penduduk maka lapangan pekerjaan juga harus ditambah.
Salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan diindonesia adalah membuka lapangan pekerjaan sendiri atau wiraswasta. Ini juga bisa di sebut wirausaha, yang artinya adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan.
Usaha ini juga bisa disebut usaha mikro kecil menengah. Usaha mikro kecil menengah yakni Usaha produktif milik orang perorangan dan atau badan usaha perorangan. Konon UMKM yang mendapat bantuan ini cukup besar, sekitar Rp. 2,4 Juta rupiah. Yang disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan perbankan himbara lainnya.
Karena banyaknya cakupan usaha, seperti Kuliner, Keterampilan atau Kerajinan, Fashion dan lain-lain. Banyak orang yang memulai usaha ini untuk menjadi mata penghasilannya. Namun pasti ada alasan lain yang membuat masyarakat memulai usaha ini. Maka dari itu, riset ini akan membahas alasan lebih dalam mengapa masyarakat memulai usaha ini.