Lihat ke Halaman Asli

Izam Farabi Muslim

Mahasiswa Stain Majene

Bisnis Perbengkelan Tidak akan Hilang dari Masa ke Masa

Diperbarui: 1 Juni 2024   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sepeda motor adalah salah satu sarana transportasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Hal ini sangat masuk akal mengingat tidak semua transportasi umum menjangkau banyak tempat, terutama kota kecil atau daerah yang cukup pelosok. Tidak hanya itu, untuk memperoleh kendaraan yang satu ini cukuplah mudah. Banyak dealer resmi yang menawarkan kredit motor dengan cicilan yang sangat terjangkau.

Bisnis bengkel motor masih menjadi salah satu usaha dengan peluang yang menggiurkan di tahun 2024. Pasalnya, motor merupakan jenis kendaraan yang memiliki banyak peminat dan pengguna di Indonesia. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaporkan bahwa total ada 152,51 juta kendaraan bermotor di Indonesia per Desember 2022. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 83,27% merupakan motor. Data tersebut sudah bisa menjadi salah satu hal yang mendasari peluang besar dari bisnis bengkel. Dalam bisnis perbengkelan di era modern seperti sekarang ini, menunggu customer datang tidaklah cukup. Terlebih kondisi pandemi Covid-19 di tahun kemarin banyak mengubah lanskap bisnis di sektor bisnis perbengkelan. Seperti perubahan pada perilaku pelanggan mempengaruhi daya beli yang cenderung menurun, sementara di sisi lain tuntutan semakin meningkat. Agar bisnis bengkel dan suku cadang lebih dilirik maka perlu strategi bisnis dan taktik kreatif agar tetap meraup cuan di era disrupsi.

Banyak cara untuk tetap dapat bertahan, kunci utama yang diperlukan adalah melakukan inovasi cara berbisnis dan ekspansi dengan taktik yang kreatif di tengah pasar yang disruptif agar tidak ketinggalan zaman. Ketika kita tahu kemauan pasar, maka akan dengan mudah kita meraup cuan.

Untuk menciptakan customer experience ada satu elemen yang harus diperhatikan yaitu "Value Proposition". "Value proposition" atau nilai manfaat produk menjadi elemen yang penting untuk diperhatikan oleh pengusaha bisnis bengkel agar layanannya dilirik oleh pelanggan. Utamakan value proporsition-nya. Jadi kita harus berpikir apa yang kita jual. Kita tidak jual produk dan servis, tapi yang kita jual adalah value-nya.

Dalam usaha bengkel motor ada beberapa cara yang harus kita tempuh agar meraih kesuksesan dalam bisnis ini. Diantaranya sebagai berikut.

1.Modal usaha

Semua bisnis pasti membutuhkan modal usaha,modal usaha apapun itu.Modal usaha bengkel motor digunakan untuk berbagai hal. Misalnya untuk sewa tempat, pembelian suku cadang (spare part), menggaji karyawan seperti montir dan asistennya, teknologi atau alat tertentu untuk memudahkan pengerjaan, serta kebutuhan lainnya.Pastikan kita menyiapkan sejumlah modal yang cukup. 

2.Tempat yang strategis 

Lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor penting dalam kelancaran usaha bengkel motor. Kita harus lokasi yang sering dilalui banyak orang untuk menarik konsumen.Selain menarik konsumen, pemilihan lokasi yang strategis ini dapat memudahkan siapa saja untuk mencari keberadaan bengkel motor milik kita. Pertimbangan lainnya, pastikan lokasi tersebut memungkinkan untuk menampung 5-10 motor.

3.Pemasok sparepart

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline