Lihat ke Halaman Asli

Faqih Muhammad Murtaqi

Mahasiswa IPB University

Bingung Mau Wisata ke Mana? Mahasiswa KKNT Inovasi IPB Bantu Petakan Objek Wisata Desa Ciasmara

Diperbarui: 29 Juli 2023   01:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasangan Peta Wisata Alam Desa Ciasmara. Sumber: dokumentasi pribadi.

Desa Ciasmara merupakan salah satu desa di Kecamatan Pamijahan dengan bentang alam persawahan, sungai, dan pegunungan yang luas dan asri. Keindahan alam tersebut membuat desa ini dikenal sebagai Desa Wisata Ciasmara yang kerap menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan. Potensi wisata yang banyak disajikan Desa Ciasmara adalah curug dan cipanas atau pemandian air panas. Potensi-potensi wisata tersebut tentunya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan yang ada di Desa Ciasmara.

Peta Wisata Alam Desa Ciasmara. Sumber: dokumentasi pribadi.

Mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi Institut Pertanian Bogor (IPB) Tahun 2023 di Desa Ciasmara membantu membuat Peta Wisata Alam Desa Ciasmara. Peta tersebut berisi sebaran objek wisata yang ada di wilayah Desa Ciasmara diantaranya Curug Pelangi, Pemandian Cipanas Karang, Camp Ground Pasir Luhur, Curug Saderi, Curug Tebing, Curug Hordeng, dan Curug Gleweran. 

Peta Wisata Desa Ciasmara telah dipasang di pertigaan Jalan KH. Abdul Hamid yang menuju daerah objek wisata alam Desa Ciasmara tepatnya di depan KSP-PS Mitra Anggota SiraA untuk mengarahkan para wisatawan menuju lokasi objek wisata. Sehingga, dengan adanya Peta Wisata Alam Desa Ciasmara  diharapkan dapat memberikan informasi mengenai lokasi objek wisata di Desa Ciasmara dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Ciasmara di bidang pariwisata.

Curug Saderi. Sumber: dokumentasi pribadi.

Cipanas Karang. Sumber: dokumentasi pribadi.

Curug Pelangi. Sumber: dokumentasi pribadi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline