Lihat ke Halaman Asli

Bahaya! Jangan Lewatkan Sarapan Jika Tidak Ingin Stroke

Diperbarui: 5 Agustus 2016   15:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apakah Anda salah satu orang yang sering melewatkan waktu sarapan? Sebaiknya Anda waspada akan akibatnya. Orang yang kerap kali mengabaikan sarapan bisa menimbulkan beberapa penyakit terutama stroke.

Baru-baru ini, sebuah penelitian dilakukan di Osaka University Graduate School of Medicine mengungkapkan bahwa melewatkan sarapan merupakan sebuah hal yang harus dihindari karena sarapan sendiri berperan penting bagi aktivitas Anda selama satu hari penuh. Penelitian ini menemukan bahwa mengabaikan sarapan bisa menimbulkan risiko penyakit stroke seseorang.

Pada jurnal Stroke, penelitian ini juga melaporkan bahwa mereka mencatat bahwa melewatkan sarapan terkait dengan tingkat peningkatan dislipidemia, intoleransi glukosa, hipertensi dan obesitas yang berkontribusi terhadap faktor timbulnya penyakit kardiovaskuler.

Yasuhiko Kubota, selaku pemimpin penelitian itu juga ikut mempertegas bahwa studi yang ia selidiki beserta tim mengenai asosiasi frekuensi asupan sarapan dengan kejadian kardiovaskular.

Jadi, masih mau mengabaikan waktu sarapan Anda? Sebaiknya sempatkan terlebih dahulu untuk mengganjal perut sebelum seharian beraktivitas. Namun ingat, Anda juga harus menghindari asupan karbo terlalu banyak di pagi hari, nanti justru hanya kantuk yang didapat.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)

Lihat tulisan  menarik lainnya di www.kesekolah.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline