Lihat ke Halaman Asli

faqih alfadlil

Penyair Malam

Kenapa Indonesia Selalu Diibaratkan Konoha? Ini Alasannya

Diperbarui: 6 Januari 2024   06:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Brillo.net

Orang-orang sering kali menggambarkan Indonesia ini seperti Konoha. Lalu apa alasan dan juga apa persamaan antara Indonesia dan Konoha? Nah itu akan mejadi hal menarik untuk di bahas. Sebab dari segi politik dan pemerintahan, ada persamaan yang sangat banyak. Namun sebelum itu, kita lihat dari segi geografis. Memang Konoha digambarkan terletak di Jepang. Jauh dari Indoenesia. Akan tetapi ada persamaan dari hal julukan. Konoha berarti desa daun. Tentu saja hal itu menggamarkan akan banyaknya tumbuhan dan pepohonan yang membuat desa itu adem dan tentram. Hal serupa juga dimiliki Indonesia yang merupakan jantungnya dunia. Berarti Indonesia memiliki kekayaan hutan yang luar biasa.

Yang paling sering netizen persamakan antara Indonesia dan Konoha adalah pemimpinnya. Secara kebetulan presiden pertama dan hokage pertama adalah seorang pria yang agak loyal dengan sebuah kelompok. Dan kelompok yang dimaksud adalah PKI dan Uchiha. Presiden Soekarno ada kedekatan dan menerima pandangan ideologi mereka. Hokage pertama juga sangat menerima keberadaan klan Uchiha.

Presiden kedua dan hokage kedua sama-sama pria dan sangat keras dengan sebuah kelompok. Presiden kedua, Soeharto, sangat keras dengan PKI. Bahkan di masa pemberontakan PKI, Soeharto berhasil mengeksekusi semua anggota PKI. Hal serupa yang dilakuka oleh hokage kedua, Tobirama. Dia sangat membenci klan Uchiha. Bahkan dia berhasil membunuh adik Uchiha Madara yang merupakan pimpinan klan tersebut.

Presiden ketiga dan hokage ketiga   juga memiliki kesamaan. Keduanya adalah orang yang cerdas dan memiliki  keturunan yang cerdas pula. Keduanya memiliki kelebihan yang banyak. Di manan presiden Habibie mempunyai banyak sekali penemuan seperti pesawat dan teori crack. Di saat yang sama hokage Hiruzen memiliki jurus yang banyak. Bisa mengendalikan 5 elmen dasar.

Presiden keempat dan hokage keempat sama-sama merupakan sosok yang cerdas namun cepet lengser. Keduanya memiliki jatah kekuasaan yang sangat sebentar dibanding yang lainnya. Meskipun demikian, keduanya merupakan sosok yang selalu diingat oleh banyak rang karena jasanya. Presiden keempat membuat kebijakan untuk menjadikan agama Konghucu menjadi agama yang resi di Indonesia. Adapun hokage keempat dia mampu mengalahkan mnster kyubi dengan mengorbankan nyawanya sendiri.

Presiden kelima dan hokage kelima adalah wanita. Ini adalah pemimpin pertama wanita di Sejarah Indonesia dan Konoha. Dan keduanya merupakan orang yang memiliki garis keturunan dengan pemimpin pertama. Presiden kelima adalah anak dari presiden pertama. Adapun hokage kelima adalah cucu hokage pertama.

Presiden keenam dan hokage keenam memiliki kesamaan dalam segi perdamian. Hampir tidak ada masalah yang serius dari keddua pemimpin. Mereka berdua juga tidak melalukan hal-hal yang kontroversial dan membahayakan negara. Makanya kedua orang itu tidak memiliki cerita atau Sejarah yang banyak.

Presiden ketujuh dan hokage ketujuh sama-sama memiliki masalah yang besar. Di masa Jokowi pemberontakan dan ketidakadilan sangat merajalela. Pun sama dengan hokage di masa Naruto, muncul klan Otsushuki yang membawa permasalahan yang besar.  Peperangan besar melawan Momoshiki, Ishiki, dan Urashiki cukup membawa dampak yang besar terlebih ada  Cody dan Kawaki yang ternyata memiliki kekuatan yang tidak terbayangkan. Bahkan Kyubi pun tewas dalam pertarungan melawan Ishiki.

Lalu ada lagi kemiripan yang ternyata tidak sengaja terjadi. Jokowi dan Prabowo adalah rival hingga menjadi teman sekarang. Bahkan anaknya Jokowi menjadi wakil dari Prabowo. Terjadi pula dengan  Naruto dan Sasuke juga rival dan kebetulan anaknya Naruto yang bernama Boruto sekarang menjadi murid Sasuke.

Satu hal lagi. Semenjak Naruto ditangkap oleh Kawaki, jubirnya yang Bernama Shikamaru menjadi penggantinya. Dia adalah sosok yang cerdas dan penuh dengan strategi hebat di kepalanya. Bahkan dia dianggap shinobi yang paling cerdas. Hal serupa mirip, Jokowi di awal pencalonannya memiliki jubir cerdas beranama Anies Baswedan. Namun pilpres masih belum dimulai sehingga belum tahu siapa yang akan menjadi presiden selanjutnya.

Apakah cerita Indonesia dan Konoha berlanjut dengan kesamaan atau tidak? Kita tunggu di pilpres tanggal 14 Februari nanti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline