Lihat ke Halaman Asli

Faqih Ma arif

TERVERIFIKASI

Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Tahukah Kita Hari Krida Pertanian Diperingati Setiap 21 Juni?

Diperbarui: 21 Juni 2019   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bekasikab.go.id

Ditengah ramai dan riuhnya pemberitaan sidang Mahkamah Konstitusi di Negara kita, Tahukah kita? Sekarang Hari Krida Pertanian, diperingati setiap tanggal 21 Juni. Jawabannya pasti belum tentu banyak yang tahu. 

Meskipun orangtuanya, rekan sejawat, atau saudaranya bekerja di bidang ini, saya yakin belum tentu mengetahuinya. Peringatan Hari Krida Pertanian masih kalah tenar dibandingkan dengan Hari Sumpah Pemuda, Hari Kartini, dan hari nasional lainnya.

Nama Pertanian sangatlah jarang kita dengar. Apabila kita bertanya kepada para pelajar atau Mahasiswa dewasa ini, pasti mereka lebih memilih jurusan yang berkaitan dengan artificial Intelegent (AI), remote sensing, kedokteran, ilmu pemerintahan, ilmu hukum, teknologi berbasis digital, seni, musik, dan lain sebagainya.

"Padi: Semakin Berisi, Semakin Merunduk"

Sehebat apapun kita nanti, seharusnya tidak membuat kita semakin sombong atau tinggi hati. Sebaliknya, membuat kita semakin rendah hati terhadap sesama.

Ungkapan di atas selaras dengan perkembangan jaman saat ini. Sebagai contoh pada waktu kuliah dulu, saya masih ingat ketika bertemu dengan anak-anak jurusan pertanian, mereka malu untuk mengatakannya, bahkan sebagian orang mengatakan dengan sombongnya jika jurusan pertanian nanti akan jadi petani. Hikmah yang bisa diambil dari cerita tersebut adalah tetaplah rendah hati meski berilmu tinggi, jangan pernah merendahkan bidang kemampuan orang lain.

Apakah dengan memilih jurusan pertanian akan menjadi petani? Apakah itu betul? Anggapan ini tentunya salah. Lulusan sarjana pertanian bisa bekerja di berbagai bidang. Kita perlu melirik Negara Adikuasa seperti Amerika dan Negara Ekonomi terkuat Tiongkok yang memiliki teknologi pertanian modern dan dapat mengeksport berbagai produk ke berbagai negara di dunia. Pertanian adalah kunci dan salah satu sumber kekuatan negara. Bahkan banyak diantara mereka bangga menjadi petani.

Kenapa dinamakan Krida?

Makna kata yang tepat pada KBBI untuk krida yaitu olah. Apa yang diolah?, Dahulu kala pada akhir abad ke IX mulailah diperkenalkannya pranata mangsa. Pranata mangsa adalah pembagian musim dalam 12 musim yang di dalamnya terdapat hujan, angin, serangga, penyakit dan lain sebagainya.  Dua belas nama kalender krida diantaranya adalah (1) Kasa/Kartika; (2) Karo/Pusa; (3) Katelu/Manggasri; (4) Kapat/Sitra; (5) Kalima/Manggakala; (6) Kanem/Naya; (7) Kapitu/Palguna; (8) Kawola/Wisaka; (9) Kasanga/Jita; (10) Kasepuluh/Srawana; (11) Desta/Padrawana; (12) Sada/Asuji.

Pranata sendiri berarti aturan, mangsa berarti masa atau musim. Jadi pranat mangsa adalah memberikan informasi tentang perubahan musim yang terjadi setiap tahunnya. Kalender ini tidak hanya dipunyai masyarakat Jawa, akan tetapi juga dikenal oleh beberapa suku diantaranya suku Batak dengan nama "Parhalaan", Suku Dayak dengan nama "Papan Kartika", Masyarakat Bali dengan nama "Wariga", dan lain lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline