Lihat ke Halaman Asli

Geluti Bisnis di Usia Muda, Faqih Firmansyah

Diperbarui: 12 September 2023   12:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Faqihmedia.com

Selebgram Faqih Firmansyah sudah tak asing lagi bagi ratusan ribu pengikutnya di Instagram.

Di usianya yang masih 24 tahun, Faqih Firmansyah menduduki posisi Executive Manager di PT Solid Gold Berjangka, dan Manager di KOPCUR (Kopi Curhat). & Ia juga menjalankan bisnis bisnispanel.com.

Atas capaian tersebut Faqih menjadi inspirasi banyak anak muda. Tak sedikit ingin mengikuti jejaknya.  

"Saya mulai bisnis panel itu sejak kelas 1 SMK tahun 2015 sampai sekarang. Satu bulan dapat di angka Rp 20 juta sampai Rp 30 juta lah," katanya.

Sebagai siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan, membuat dirinya tak kesulitan menciptakan bisnis bisnispanel.com, yakni platform bisnis yang menyediakan berbagai layanan social media marketing terutama di Indonesia.

Sederhananya, ia menyediakan jasa untuk penambahan followers, likes, trending dari berbagai sosial media seperti Instagram, Twitter, YouTube, TikTok dan Facebook.

"Awalnya kepikiran bisnis ini dari grup dan komunitas IT di Facebook, karena background saya IT itu yang bisa saya lakukan. Zaman sekolah sedang awal-awal tren Instagram. Jadi dulu itu ngebantu mengelola akun orang, supaya banyak followers, like, segala macem," jelas alumni SMKN 22 Jakarta itu.

Faqih sendiri secara pribadi tergerak membangun bisnis karena sosok ibunya yang sebagai tulang punggung keluarga.

Ia tak tega melihat pekerjaan ibunya yang sebagai pembantu rumah tangga, mencuci dan menyetrika pakaian untuk tuju rumah.

"Saya, kan tinggal sama ibu di Jakarta. Saya anak tunggal, tinggal sama ibu saya berdua. Ibu saya ini, kan, kerjanya cuma pembantu rumah tangga, dia cuma nyuci sama nyetrika di rumah tetangga dia pegang tujuh rumah. Nah itu yang buat saya enggak tega, makannya saya mau nangun bisnis pas masuk sekolah," tuturnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline