Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Rasa Waspada, Karang Taruna Lingkungan Kerok Begitu Cermat dalam Menyimak Edukasi Bahaya Listrik yang Disampaikan Oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Undip

Diperbarui: 9 Februari 2023   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Wonogiri (28/01/2023) – Korsleting listrik sering disebut sebagai faktor penyebab terjadinya musibah kebakaran dibanyak tempat. Instalasi listrik harus dijaga agar terhindar dari terjadinya korsleting yang menyebabkan kebakaran.

Berdasarkan survey yang telah dilakukan di beberapa lingkungan pada Kelurahan Girikikis, terdapat banyak socket listrik yang sudah tidak layak pakai dan juga penggunaan kabel roll secara tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim I Undip Tahun 2023 memberikan edukasi sosialisasi tentang harusnya waspada bahaya listrik. Edukasi ini disosialisasikan kepada warga di Lingkungan Kelurahan Girikikis. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya listrik di rumah. 

Dalam sosialisasi tersebut dibahas kemungkinan penyebab kecelakaan listrik dan cara menghindari kecelakaan listrik. Kegiatan tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab yang bertujuan untuk memperjelas informasi yang akan dipertukarkan. Dalam sosialisasi tersebut, juga dibagikan poster kepada organisasi kepemudaan untuk menggalakkan literasi di kalangan warga sekitar.

Dokpri

Ketika pelaksanaan sosialisasi warga terlihat antusias, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan dari warga tentang materi yang disampaikan maupun tentang permasalah yang mereka alami selama ini. Sehingga dapat digunakan sebagai bahan perbaikan di masa yang akan datang. Dengan adanya tindakan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan listrik di rumah-rumah. Kegiatan ini juga memberikan banyak informasi kepada ibu rumah tangga tentang kelistrikan untuk membantu mereka memahami cara kerja alat listrik.

Penulis : Fanny Maulidina Rizki – Program Studi D4-Teknologi Rekayasa Otomasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline