Lihat ke Halaman Asli

Fanny Fatma Wati

Universitas Bina Sarana Informatika

Mahasiswa Prodi SI UBSI Kampus Tegal Menghibahkan Aplikasi SIAKAD Untuk SMK ISTEK Tegal

Diperbarui: 29 Agustus 2020   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. kkn

OPSI -- (Obrolan Seputar Prodi Sistem Informasi) kali ini akan membahas Hibah Aplikasi SIAKAD (Sistem Informasi Akademi) dari Mahasiswa dan Dosen UBSI Prodi Sistem Informasi Kampus Kota Tegal.

Pada Kamis 27 Agustus 2020, dua Mahasiswa Prodi Sistem Informasi (SI) Kampus Kota Tegal Universitas Bina Sarna Informatika (UBSI) menggelar acara Serah Terima Hibah Aplikasi SIAKAD (Sistem Informasi Akademi) di SMK ISTEK Kota Tegal.SIAKAD (Sistem Informasi Akademi) merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan untuk memudahkan orang tua atau calon siswa dalam melakukan pendaftaran siswa baru dengan lebih cepat dan efektif.Aplikasi ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Kesiswaan. Pada bagian PSB, aplikasi ini dapat memfasilitasi calon siswa baru untuk melakukan pendaftaran secara online yang kemudian akan diproses oleh admin. Sedangkan pada bagian Kesiswaan,aplikasi ini memberikan fasilitas kepada guru untuk menginput nilai raport yang nantinya dapat dilihat oleh siswa yang memiliki akun.

Aplikasi hasil luaran dari Tugas Akhir Mahasiswa Prodi SI Kampus Tegal yang dibuat oleh Faradina Aminda dan Choerunnisa diterima langsung oleh Wakil Kepala Sekolah SMK ISTEK Kota Tegal. Acara Serah Terima Aplikasi ini berjalan dengan lancar.Kegiatan dimulai dengan pembukaan, sambutan yang diberikan oleh Husni Faqih, M.Kom selaku Ketua Prodi SI UBSI Kampus Kota Tegal, sambutan berikutnya oleh Indra Setiawan, S.T selaku Wakil Kepala Sekolah SMK ISTEK Kota Tegal dan dilanjutkan demo aplikasi.

Dalam sambutannya, Husni menyampaikan ucapan terimakasih kepada SMK ISTEK Kota Tegal karena sudah menerima mahasiswaUBSI untuk riset dan khususnya kepada Wakil Kepala Sekolah yang ikut membimging, mensupport, dan memberikan setiap data yang dibutuhkan dalam riset mahasiswa. Husni melanjutkan bahwa kelompok mahasiswa tersebut mengambil outline Tugas Akhir berupa Proyek Sistem Informasi, dimanamahasiswa diberi challengeuntuk membuat Sistem Informasi sesuai kebutuhan instansi dan wajib diimplementasikan di perusahaan tempat PKL/riset.

Kesan yang baik juga diberikan oleh Wakil Kepala Sekolah SMK ISTEK Kota Tegal Indra Setiawan. Indra menyampaikan permohonan maaf karena Kepala Sekolah berhalangan hadir karena ada tugas lain, dan beliau menyampaikan bahwa para Mahasiswa yang riset memiliki etos kerja yang baik, selalu siap dan menerima tantangan dalam aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan riil dari sekolah. Indra melanjutkan bahwa beliau mewakili SMK ISTEK sangat mengapresiasi kepada UBSI yang memotivasi Mahasiswa untuk hasil Tugas Akhir mereka dapat dimanfaatkan di masyarakat, tidak hanya disimpan di perpustakaan saja.

whatsapp-image-2020-08-29-at-09-32-00-5f49ca02d541df1d4e653592.jpeg

.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline