Lihat ke Halaman Asli

Laboratorium Matematika Komputasi UIN Walisongo Semarang

Diperbarui: 18 Juni 2023   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Laboratorium berasal dari bahasa latin yang bererti "tempat bekerja". Dalam perkembangannya, kata Laboratorium yang berarti aslinya, yaitu "tempat bekerja" khusus untuk keperluan penelitian ilmiah. Laboratorium adalah suatu ruangan attau kamar tempat melakukan suatu kegiatan penelitian yang ditunjang oleh adanya seperrangkat alat -- alat serta adanya infrastruktur laboratorium yang lengkap, seperti fasilitas air, listrik, gas dan sebagainya (Hartinawati,2915:3).

            Laboratorium Matematika Komputasi merupakan salah satu dari ketiga laboratorium yang dimiliki jurursan matematika. Lokasinya tepat dilantai 3 Gedung Integrated Laboratory. Laboratorium ini mempunyai 40 komputer buat mahasiswa dan 1 komputer server buat dosen yang dimana dapat mengontrol komputer -- komputer lainnya. 

Perangkat keras (hardware) yang didalamnya banyak dan semuanya dalam kondisi baik. Untuk perangkat lunak ( software )  yang ada pada masing -- masing komputernya dapat dibilang lengkap, terutama dalam ppembelajaran matematika, diantaranya Microsoft word, Microsoft excel, Microsoft powerpoint, Mathlab, SPSS, R studio, Google Chrome, calculator, Microsoft access, Minitab dan masih banyak lagi. Laboratorium Matematika Komputasi digunakan untuk pratikum mata kuliah pemograman, Statistika, dan mata kuliah yang memerlukan pratikuum. Sofware yang ada pada masing -- masing device yang sudah terinstal dapat dikatakan baik, dalam artian sudah terupdate.

Berikut ini Sofware yang ada pada komputer di Laboratorium Matematika Komputasi, antara lain:

  • Microsoft Word 
  • Microsoft Word  merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar , membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen -- dokumen lainnya yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Bagi Program Studi Matematika sendiri digunakan untuk penyusunan berbagai makalah, lapooran, dan hal -- hal yang berbau dengan kata. Aplikasi ini merupakan aplikasi dasar pada setiap device.
  • Microsoft Excel
  • Microsoft Excel merupakan sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Bagi Program Studi  Matematika sendiri digunakan untuk Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik; melakukan perhitungan statistika; Membuat grafik persamaan matematika; Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
  • Microsoft Powerpoint
  • Microsft Powerpoint merupakan sebuah program komputer yang didesain untuk presentasi. Dengan program ini dapat membuat, mengatur, men-format sebuah file presentasi menjadi lebih menarik. Bagi Program Studi Matematika sendiri digunakan untuk membuat bahan presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat GAWAI.
  • Mathlab
  • Mathlab  merupakan kependekan dari MATrix LABoratory dikarenakan setiap data pada Mathlab menggunakan dasar matriks. Mathlab adalah bahasa pemrograman tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu kelebihannya yang paling populer adalah kemampuan membuat grafik dengan visualisasi terbaik. Bagi Program Studi Matematika sendiri digunakan untuk mengolah permasalahan aljabar linier, analisis numeriik, dan mengolah data.
  • SPSS
  • SPSS menurut Jonathan Sarwono ( 2006:1) bahwa SPSS ( Statistical Product and Service Solution) merupakan suatu program aplikasi yang digunakan untuk melakukan perhitungn statistik dengan menggunakan komputer. Kelebihan dari program SPSS ini yaitu peneliti dapat melakukan perhitungan statistic secara cepat dari yang sederhana hingga yang rumit, yang dimana jika dilakukan secara manual akan memerlukan waktu yang lebih lama. Untuk program studi Matematika sendiri digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan penelitian, dan digunakan untuk merepresentasikan data statistik Pada program SPSS ini biasanya digunakan pada mata kuliah statistika.
  • R studio
  • R studio adalah sistem perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk mengerjakan semua hal yang berkaitan dengan statistik. R hampir sama dengan program S atau yang sering kita sebut dengan software SPSS. R merupakan satu kesatuan software yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas untuk manipulasi, perhitungan, dan penampilan grafik yang handal. Bagi Program Studi Matematika sendiri digunakan untuk menganalisis data statistik, dengan tampilan grafik plot yang customized dan grafik fungsi densitas yang dapat dipraktekkan dengan histogram. Pada software R studio biasanya digunakan dalam matakuliah Statistika.
  • Google Chrome
  • Google Chrome merupakan platform browser web yang dikembangkan oleh Google. Platform browser web ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows dan yang dibangun dengan komponen software gratis dari Apple Webkit dan Mozila Firefox. Bagi Program Studi Matematika sendiri digunakan untuk mencari sumber referensi dari berbagai website melalui google chrome.
  • Calculator
  • Calculator merupakan alat hitung sederhana (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan keperluan ilmiah seperti menghitung rumus matematika.Bagi Program Studi Matematika sendiri digunakan untuk menghitung perhitungan secara matematis.
  • Microsoft Access
  • Microsoft Access merupakan sebuah program atau aplikasi basis data (database) yang dicanangkan oleh Microsoft dalam sebuah paket bernama Microsoft Office.Database sendiri merupakan sekumpulan informasi yang sistematis dan tersimpan dalam komputer sehim+ngga sewaktu -- waktu dapat diperiksa oleh software yang terinstall di komputer guna memperoleh informasi dari basis data tersebut. Bagi mahasiswa Program Studi Matematika digunakan untuk membuat form dan sub form, dan membuat basis data (database).
  • Minitab 
  • Minitab adalah program statistik yang memungkinkan peneliti untuk cepat memasukkan data, lalu menjalankan berbagai analisis pada data tersebut. Peneliti dapat mempersiapkan bagan dan menghitung regresi degan cepat, lalu memasukkan data dengan cara kerja yang sangat mirip Excel. Minitab dapat menyelesaikan banyak pekerjaan sulit dalam perhitungan statistik. Bagi mahasiswa Program Studi Matematika digunakan untuk pengolahan data statistik. Sofware ini biasanya digunakan dalam matakuliah Statistika.

Selain sepuluh Sofware (program) diatas, komputer di Laboratorium Matematika Komputasi ini mempunyai banyak program (Sofware) lain yang sudah terupdate juga. Namun pada laporan ini tidak dapat dipaparkan secara keseluruhan karena dalam Program Studi Matematika ini, sepuluh Sofware (Program) tersebut lebih dominan digunakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline