Lihat ke Halaman Asli

Tipe Intelegensi dan Kecerdasan Anak

Diperbarui: 10 April 2020   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menurut Gardner, setiap manusia memiliki semua tipe inteligensi ini dengan taraf yang berbeda-beda. Sebagai akibatnya, kita memilih untuk mempelajari dan memproses informasi dalam berbagai cara. Manusia akan belajar dengan baik ketika mereka dapat mengaplikasikan tipe inteligensi mereka yang paling kuat. Howard Gardner (1983) menyatakan ada delapan tipe inteligensi atau "frames of mind." Dibawah ini akan dideskripsiakan tipe inteligensi beserta pekerjaan yang sesuai (Campbell,dkk:2004).

1. Inteligensi Verbal

Kemampuan untuk berfikir menggunakan kata-kata dan bahasa untuk mengekspresikan makna, seorang anak yang mempunyai tipe kecerdasan seperti ini, biasanya anak suka membaca, suka menulis, dan suka berkomunikasi dengan orang lain. Anak dengan tipe intelegensi verbal dapat dilatih dengan membaca buku-buku cerita, mainan yang mengandung pembelajaran alfabet, dan mengajak komunikasi kegiatan yang dilakukan sehari-hari

2. Inteligensi Matematis

Kemampuan untuk melakukan operasi matematika. Tipe ini bisa dilihat ketika seorang anak menyukai tentang angka-angka, matematikan, dan sains. Anak dengan tipe intelegensi matematis ini bisa dilatih dengan permainan-permainan tentang angka-angka, bermain puzzle, dsb yang membuat anak dalam permainan tersebut ia menghitung.

3. Inteligensi Spasial

Kemampuan untuk berfikir tiga-dimensi. Anak dengan tipe ini menyukai mencorat-coret apapun, menggambar, dan suka bermain membangun balok/ lego. Untuk melatih tipe ini sediakanlah fasilitas, seperti crayon, buku gambar, malam/plastisin, dsb.

4. Inteligensi Kinestetik-Tubuh

Kemampuan untuk memanipulasi objek-objek dan menjadi terampil secara fisik. Anak dengan tipe ini ditandai dengan seorang anak suka melakukan kegiatan fisik, loncat-loncat, lari-larian, olahraga. Melatih tipe ini dengan cara ajak lah rutin ber olahraga sehingga membuatnya senang, dan sehat.

5. Inteligensi Musik

Sensitivitas pada ketinggian nada, melodi, ritme, dan nada. Anak dengan tipe ini dapat terlihat ketika seorang anak suka bernyayi, suka mendengarkan lagu, menari, memainkan benda didepan nya yang menghasilkan suara. Mengembangkan tipe anak seperti ini, pastinya dengan mendengarkan music, dan juga berikanlah alat music yang dapat mengembangkan bakar musiknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline