Lihat ke Halaman Asli

Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini lewat Permainan

Diperbarui: 2 April 2020   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa adalah suatu bentuk komunikasi entah itu lisan,tertulis atau isyarat-isyarat yang berdasarkan pada suatu dari simbol-simbol. Bahasa terdiri dari kata-kata yang digunakan oleh masyarakat beserta aturan-aturan untuk menyusun berbagai variasi dan mengkombinasikannya. Mulyono (2003:200), menyatakan bahwa membaca merupakan pengenalan simbol-simbol bahasa tulis yang merupakan stimulus yang membantu proses mengingat tentang apa yang di baca, untuk membangun suatu pengertian melalui pengalaman yang telah dimiliki. Ada 4 keterampilan bahasa pada anak usia dini, yatu :

  • Keterampilan berbahasa

Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku : menyapa, memperkenalkan diri, bertanya, mendiskripsikan, melaporkan kejadian, menyatakan suka / tidak suka, meminta ijin, bantuan, mengemukakan alasan, memerintah atau menolak sesuatu.

  • Keterampilan mendengar

Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku : mendengarkan perintah, mendengarkan pertanyaan, mendengarkan orang yang sedang bercerita dan mendengarkan orang yang memberi petunjuk.

  • Keterampilan berbicara

Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku : mengembangkan keterampilan bertanya, menyiapkan kegiatan yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menggunakan berbagai kegiatan yang bervariasi.

  • Keterampilan membaca

Membaca adalah kegiatan yang melibatkan unsur auditif (pendengaran) dan visual (pengamatan)

Untuk mengembangkan bahasa anak usia dini ada berbagai cara, seperti:

  • Membaca Buku Cerita

Lewat buku cerita, anak-anak akan belajar pola berbahasa. Misalnya, bagaimana cara bertanya, meminta sesuatu, ataupun berterima kasih. Orang tua bisa memilih buku cerita yang membahas tentang kehidupan sehari-hari dan membacanya bersama anak.

  • Ajak bermain

Disini saya akan menunjukkan permainan yang dapat mengembangkan bahasa anak dan juga pastinya menyenangkan, permainan kali ini merupakan permainan yang saya mainkan waktu kecil dulu, yaitu telepon kaleng

Permainan telepon kaleng bermanfaat bagi anak untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dalam hal ini anak dapat tertarik dengan permainan telepon kaleng walaupun permainan tradisional tapi mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Permainan telepon kaleng keuntungannya yaitu cara pembuatannya mudah dan tidak mahal, mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dan benar dengan menggunakan permainan telepon kaleng, agar anak dapat menggungkapkan suatu pendapat atau permintaan kepada teman/orang lain dengan sopan baik dan jelas. Mengenalkan kepada anak permainan tradisional.

Disini saya akan memberi tutorial untuk membuat permainan telepon kaleng

Persiapkan Alat Dan Bahan

  1. Kaleng bekas
  2. Benang sebagai alat penghantar suara
  3. Paku dan palu
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline