Lihat ke Halaman Asli

Permainan untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini

Diperbarui: 19 Maret 2020   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu untuk diberikan stimulasi sejak anak usia dini. Perkembangan kognitif berhubungan dengan pola berfikir, pemecahan masalah dan imajinasi anak.

Perkembangan kognitif anak dapat dikembangkan melalui permainan, karena bermain merupakan hal yang dekat dengan anak dan dunia anak adalah dunia bermain.

Pada dasarnya anak usia dini belajar melalui pengalaman langsung, dimana anak melihat perilaku orang tua atau guru yan dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan untuk mengamati, meniru dan mencobanya.

Maka disini saya akan memberi contoh permainan yang dapat mengembangkan kognitif anak, di alat permainan edukatif (APE)  ini memiliki kriteria yang harus dipenuhi, yaitu :

Mengandung unsur pendidikan.

Alat permainan tidak berbahaya bagi anak.

Dasar pemilihan APE adalah minat dan kebutuhan anak terhadap mainan tersebut.

Alat permainan sebaiknya beraneka macam, sehingga anak dapat bereksplorasi dengan berbagai macam alat permainannya.

Tingkat kesulitan sebaiknya disesuaikan pada rentang usia anak. Permainan tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah bagi anak.

Dasar pemilihan alat permainan lebih ditekankan pada pertumbuhan fisik dan tingkat perkembangan anak secara individu bukan berdasarkan usia. Perkembangan biologis dan fisik pada anak yang umurnya sama dapat saja berbeda 

Peralatan permainan buatan sendiri diupayakan yang dapat bertahan lama atau awet, mudah dibuat, bahannya mudah diperoleh dan mudah digunakan anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline