Lihat ke Halaman Asli

KSMT56UNISMA

Mahasiswa/Akuntansi/Universitas Islam Malang

Mahasiswa KSM-T Unisma Melakukan Kerja Bakti Lingkungan di Pondok Pesantren Nurul Haromain 8 Supiturang

Diperbarui: 23 September 2022   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kelompok Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik ( KSM -- T ) 56 Universitas Islam Malang mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan pesantren  bersama santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren Nurul Haromain, Supiturang, Jumat, (12/8).

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bagi setiap orang, terkhusus masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Lingkungan hidup yang bersih dan sehat dapat menggambarkan bagaimana keadaan tempat tersebut. Semakin bersih sebuah lingkungan, maka persentase masyarakat di daerah tersebut untuk terkena berbagai penyakit seperti demam berdarah, diare, dan lain-lain akan semakin kecil. Sebaliknya, penataan lingkungan yang kurang elok dan berantakan dapat mengurangi nilai estetika yang ada.

Untuk menciptakan hal tersebut, diperlukan kesadaran lingkungan dari setiap masyarakat yang ada di pondok pesantren Nurul Haromain. Metode yang dilakukan oleh kelompok KSM-T 56 untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengajak para santri untuk bergotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan pesantren  dan melakukan penataan lingkungan yang berantakan sehingga terciptanya lingkungan yang bersih sehat dan tertata.

Dok. pribadi

Sasaran pertama yang dikerjakan adalah kamar mandi dan tempat cuci baju. Di area ini terdapat sampah palstik yang menyumbat saluran pembuangan air sehinggan pembuangan air kurang lancer dan menggenang. Oleh karena itu, kami serta para santri langsung membersihkan dan mencangkul area kubangan serta membuang sampah plastik yang tertimbun di dalam tanah sehingga perairannya kembali lancar. 

Sasaran kedua adalah halaman pesantren yang terdapat sampah daun plastik dan lain lain berserakan kemudian kami dan para santri bergotong royong membersihkan halaman sehingga bersih dan tertata.

Sasaran ketiga adalah kebersihan dan kerapian kamar para santri. Di area ini kami dan para santri  mengangkat kasur untuk dijemur kemudian membersihkan ruangan kamar dan merapikan yang perlu dirapikan.

Aktivitas yang telah dilakukan anggota kelompok 56 KSM-T Universitas Islam Malang ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran sosial para santri , khususnya pada masalah lingkungan.

Penulis : Mochammad Wahyu Prasetyo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline