Lihat ke Halaman Asli

KSMT56UNISMA

Mahasiswa/Akuntansi/Universitas Islam Malang

Cegah Berbagai Penyakit, KSM-T 56 Unisma Melakukan Penyuluhan Cara Cuci Tangan dengan 7 Langkah

Diperbarui: 20 September 2022   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah cuci tangan yang baik dan benar dengan sabun. Cuci tangan adalah hal yang sering kali kita lakukan setiap hari. Namun, masalahnya apakah yang kita lakukan selama ini sudah benar?

Nah, sering kali kita keliru dalam melakukan cuci tangan yang baik dan benar. Cuci tangan merupakan salah satu cara hidup sehat yang harus kita terapkan setiap hari setiap saat, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. 

KSM-Tematik 56 Universitas Islam Malang melakukan penyuluhan dan sosialisasi cara cuci tangan yang baik dan benar dengan tujuh langkah yang harus diterapkan. 

Penyuluhan ini dilaksanakan di  KB Alfattah Dusun Supiturang Desa Bocek Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang,  pada hari Senin (15/08/22).

Diera new normal seperti sekarang mencunci tangan sudah menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan.  Karena sangat pentingnya manfaat cuci tangan inilah yang mendasari KSM-T 56 UNISMA mengajarkan cuci tangan yang baik  dengan cara 7 langkah kepada adik adik KB Al-Fattah secara langsung. 

Murid murid di KB Al-Fattah menyambut kedatangan KSM--T 56 UNISMA dengan sangat sumringah, mereka juga sangat antusias mendengarkan apa yang dijelaskan oleh Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM)-T Kelompok 56.

Setelah mendengarkan apa yang telah dijelaskan oleh kakak kakak KSM-T 56 kepada para murid, para murid diajak untuk bernyanyi bersama, yaitu menyanyikan 7 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar, dan diakhir acara dilakukan permainan  dengan memberi reward untuk semua murid sebagai bentuk apresiasi diri.

 Berikut merupakan 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar:

  • Membasuh telapak tangan
  • Membasuh punggung tangan
  • Membasuh sela sela jari
  • Membasuh Buku buku jari
  • Membasuh  jempol jari
  • Membasuh kuku 
  • Dan pergelangan tangam

Langkah langkah di atas merupakan 7 langkah cara cuci tangan yang disosialisasikan kepada siswa dan siswi KB Alfattah.

KSM-T 56 yang berada di bawah koordinasi Ibu Eny Widyawati S.AB. M.AB melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan sebagai salah satu proker yang harus di laksanakan yang bertujuan untuk mengajak dan mengedukasi  anak anak  sedari dini, bahwa cuci tangan itu sangat penting bagi kesehatan tubuh, serta  dapat menjaga kita semua dari virus penyebab berbagai penyakit. 

Adanya penyuluhan diharapkan untuk meningkatkan kesadaran siswa agar lebih rajin lagi mencuci tangan sesuai dengan 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar yang dianjurkan pemerintah.

Penulis : Alivia Havidatul Maula




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline