Lihat ke Halaman Asli

Fani Melani

Mahasiswa

Pentingnya Slogan di Media Sosial sebagai Sarana Branding Produk

Diperbarui: 14 November 2023   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Slogan di Media Sosial sebagai Sarana Branding Produk

Melakukan branding produk di media sosial merupakan hal yang mesti dilakukan di era digital seperti sekarang ini. Produk yang kita jual bisa terkenal maupun terlihat bukan hanya customer yang dapat di jangkau secara offline, namun produk yang di jual juga dapat menarik minat customer di media sosial. Untuk itu perlunya branding produk yang menarik di media sosial  untuk menarik customer yang akan kita targetkan.

            Slogan merupakan kata- kata unik untuk menggambarkan ciri khas suatu produk. Slogan yang sudah melekat pada produk tertentu akan melekat pada ingatan Customer, sehingga masyarakat dapat membedakan produk satu dengan produk sejenis, nah, pembeda inilah yang nantinya akan menjadi branding bagi produk yang dipasarkan itu sendiri. Slogan yang menarik dan unik tentu tidak bisa diketahui masyarakat secara langsung bila tidak adanya perantara dalam mengkomunikasikan kepada customer

            Pada era digital, penggunaan media sosial merupakan bagian yang penting terutama untuk membranding produk, penggunaan media sosail dalam menyebarkan slogan keunikan produk akan gampang tersebar dan cepat di kenal, dalam hal ini produk yang di pasarkan akan lebih berkembang dan target pasar tentu lebih luas.

            Namun tidak banyak masyarakat kita masih minim pengetahuan terkait teknologi, UMKM contohnya, mereka terkendala pada pemasaran, karena kurangnya pengetahuan terkait teknologi digital. Ini merupakan masalah yang sudah seharusnya bisa di tangani, mungkin dengan melakukan pelatihan- pelatihan akan memudahkan UMKM dalam membranding produk yang di pasarkan, selain itu pemerintah juga dapat memberikan wadah agar para penjual memiliki sarana yang tepat dan dapat di kembangkan.

            Pembuatan Slogan yang menarik dan didesain sedemikian rupa, akan memudahkan para customer mencari produk yang akan dibeli, slogan ini akan berguna sebagai branding bagi produk yang di pasarkan, serta sebagai media promosi untuk menambah nilai jual. Dengan adanya slogan yang di buat akan menambah dan membangun kepercayaan pada produk yang kita pasarkan. Serta citra merk yang akan selalu melekat pada diri Customer itu sendiri. Selain itu slogan akan membangun kridibilitas perusahaan produk terkait, sehingga perusahaan dapat terus berkembang seiring berjalanya waktu.

            Dengan adanya media sosial akan memudahkan sarana dalam berkomunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran sebagai cara perusahaan untuk menginformasikan, mengajak dan mmeberitahukan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Media sosial juga memudahkan pelanggan untuk menentukan produk yang di inginkan dan bisa membandingkan antara produk satu dengan yang lainya. Adanya media sosial orang- orang bebas mengkspresikan apa yang mereka lakukan. Dengan demikian, slogan maupun tagline yang sudah melekat di dalam hati konsumen akan selalu mengingat produk tersebut dari slogan yang ada.

              Slogan atau tagline yang unik akan membawa pada pola perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk, secara psikologi konsumen akan selalu ingat dengan produk yang di beli hanya dengan melihat tagline/ slogan yang unik dan menarik. Slogan yang trend di era sekarang bukan lagi menggungulkan produk namun membawa masalah- masalah yang ada di lingkungan sekitar. Seperti dengan membeli produk tertentu konsumen berarti sudah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Slogan yang di lekatkan pada produk bukan hanya sekedar ingin mengingatkan konsumen bahwa produk yang di tawarkan unggul dalam segi merek, harga maupun kualitas, namun slogan tersebut mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk karena suatu hal di luar keunggulan produk yang di tawarkan, namun bukan berarti dengan slogan yang menitik beratkan suatu masalah, kualitas, brand maupun keunikan produk tidak di perhatikan. Dengan kata lain pentingnya slogan akan menarik daya citra tersendiri pada produk yang di pasarkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline