Lihat ke Halaman Asli

Fahmi Ilmawan Sulaiman

Writer of StoriaScript

Sindrom Impostor

Diperbarui: 3 Oktober 2020   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Among us (Sumber gambar: deviantart.com)

Apakah kamu seorang Impostor?  wait, apa itu impostor? , baik impostor adalah seseorang yang ahli menipu/menyamar, tapi itu hanya terjadi pada game yang saat ini lagi booming yaitu Among Us. tapi disini yang akan saya bahas adalah Sindrom Impostor. 

The Impostor Syndrome

"orang yang merasa tidak kompeten atau merasa tidak pantas terhadap suatu hal yang sudah dikerjakan, ragu sama dirinya sendiri, padahal dia itu aslinya sangat kompeten, bagus dan sukses pada hal tersebut. dia merasa kalau sebuah hasil yang ia capai merupakan sebuah kegagalan. dan jikalau ia berhasil maka ia akan menganggapnya itu hanya sekedar keberuntungan saja."

apa saja ciri-cirinya?

  • terlalu perfect terhadap hal yang dikerjakan
  • yang dipikirkan hanyalah kekurangan bukan kelebihan
  • individualis
  • tidak perlu bantuan orang lain

tenang saja, kamu tak sendiri dan hal ini tidak selamanya paten dalam dirimu, cara mengatasinya adalah dengan membiasakan diri untuk lebih terbuka, membantu orang lain, nilai pekerjaan diri dengan sisi yang positif dan jangan bandingan karyamu dengan karya orang lain.

tentu saja orang-orang yang mengidap sindrom ini memiliki efek samping seperti ; enggak percaya sama diri sendiri yang sebenarnya mampu, jadinya kamu merasa takut untuk mencoba hal-hal yang baru dan kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain membuatmu merasa tidak ada apa apanya dengan orang lain yang memiliki karya yang lebih bagus, jadinya kamu merasa belum sukses.

jadi.. apakah kamu mengidap sindrom impostor?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline