Lihat ke Halaman Asli

Lotusflowerin

pernah coba menghitung bintang

Sebuah Catatan dari Kalimantan

Diperbarui: 21 Mei 2018   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

/www.kaskus.co.id

Negara Indonesia tidak akan pernah kehabisan cerita menarik dari berbagai penjuru, dari Sabang hingga Marauke kurang lengkap nampaknya jika Kalimantan tidak kita ketahui, bukan karena terselip kata kata mantan jadi seakan terasa menakutkan, bukan itu yang di miliki pulau kalimantan. Flora dan fauna yang begitu indah dengan julukan 1000 sungai menjadikan Kalimantan salah satu tempat yang begitu indah dan mengagumkan yang tercipta di nusantara, selain mencintai keindahan nusantara sebagai warga yang cerdas jangan sampai melupakan sejarah setiap pulau dan kota yang kita sambangi atau hanya sekedar berselancar melihat di media, sudah kewajiban setiap individu mengetahui sejarah tanpa kecuali. 

Sebuah catatan dari Kalimantan akan saya sampaikan dari sisi keindahan alam dan kejanggalan yang masih banyak dilakukan. Positif dan negatif sudah kodrat dari sang pencipta alam semesta, dimana dua kodrat itu menjelma di setiap sisi manusia. Sudah saat nya membuka mata melihat nusantara, baik dari sisi positif yang di ciptakan maupun sisi negatif yang menjadi bawaan sifat dasar harus di hilangkan. Kalimantan terdiri dari berbagai provinsi, ada lima provinsi yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kalimantan Barat

www.vonvon.id

Provinsi yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia memang harus di ketahui oleh sebagian pembaca. Sebagian masyarakat belum tentu tahu banyak tentang perbatasan dengan negara lain. Indonesia tentu akan banyak bersebelahan dengan negara tetangga, ketika kita berkunjung tentu saja harus mengetahui beberapa hal. 

Bukan tentang pemimpin atau agama apa yang ada di sana tetapi sejarah yang ada di tempat tersebut harus di pelajari, dengan mempelajari sejarah kita akan tertarik mengunjungi setiap tempat, bukan cuma Kalimantan. Provinsi yang pernah di taklukan kerajaan Majapahit ini mempunyai pesona yang tidak kalah menarik di bahas dan di kunjungi secara langsung, di provinsi seribu sungai kita dapat dengan mudah menjumpai warga lokal asli Kalimantan, dengan berkunjung ke sungai kapuas secara langsung setiap wisatawan lokal dan mancanegara dapat menemui peradaban asli Kalimantan. 

Sungai terpanjang di nusantara ini masih banyak warga asli yang dapat kita ketahui adat dan budaya nya, tentu saja dengan alat transportasi di perairan kita tidak akan menemukan di ibukota, menyusurui perairan tanpa kemacetan sangat membuat setiap wisatawan atau bahkan pencinta alam akan sangat senang menikmati sungai kapuas. 

Beberapa teman yang sudah mengunjungi sungai kapuas sangat tertarik tinggal lebih lama di daerah ini, selain keindahan sungai terpanjang yang biasa di sebut warga sungai batang lawai mempunyai beberapa kegiatan yang di lakukan. Seperti kegiatan adat dan budaya yang sudah ada ratusan tahun lalu akan kita jumpai di sungai terpanjang nusantara ini. Namun marak nya penebang liar sudah menjadi hal yang terus ada di sekitar sungai sungai maupun hutan hutan di daerah Kalimantan, memang sangat di sayangkan minimnya sosialisasi tentang dampak yang akan terjadi di masa yang akan datang menjadikan setiap orang yang melakukan hal negatif makin sering lolos dan terbiakan, mengatasnamakan uang dan himpitan ekonimi menjadi alasan sebagian pembuat kekacauan.

Kalimantan Tengah

thirdcultureconcierge.com

Setelah mengetahui sedikit sungai kapuas, bagian dari provinsi lain yaitu Kalimantan Tengah tidak luput dari keindahan alam. dari pembahasan tentang sungai kita beranjak sejenak ke pegunungan di daerah ini, siapa yang tidak mengetahui Bukit Raya. Memang sedikit asing buat sebagian lapisan masyarakat. Bukit raya atau gunung raya adalah salah satu gunung tertinggi yang di miliki Kalimantan, buat para pecinta alam yang benar benar mengetahui nya pasti sangat ingin mengunjungi salah satu gunung ini, letak yang terpencil menjadikan gunung raya dengan puncak kakam sangat benar benar menantang, selain mendaki para pendaki dihadapkan dengan sulit nya menuju ke pendakian. 

Saya sendiri sangat tertarik sekali, selain dengan darat menuju ke jalur pendakian kita akan melewati perairan, sesuai dengan julukan nya provinsi 1000 sungai. Sedikit telurus setiap tahun hanya 50 regu saja yang berangkat ke daerah ini, budget yang hampir menyamai puncak cartenz di papua mungkin salah satu penghalang banyak para pendaki mengunjungi, alat transportasi yang mereka gunakan cukup mengurus dompet. 

Sebagian alam memang punya ciri khas nya masing masing, jadi buat para pembaca yang suka sekali dengan gunung harap bersabar sedikit, sisihkan uang pasti suatu saat kita akan mendatangi keindahan alam yang satu ini, dan ingat setelah mengunjungi alam selalu tanamkan bawa turun sampah. Karena gunung wajib kita jaga untuk warisan anak cucu kita di saat mereka sadar alam indonesia ini sangat indah, tidak mungkin di tatap lewat layar kaca saja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline