Lihat ke Halaman Asli

Rita Mf Jannah

Pelaku Pasar Modal, Pengamat Pendidikan, Jurnalis, Blogger, Writer, Owner International Magazine

Bukan Hanya Pengobatan Ida Dayak, Ini Kelebihan Suku Dayak Lainnya

Diperbarui: 18 April 2023   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi suku dayak (pic:id.pinterest.com)

Selain ahli dalam meramu obat seperti Ida Dayak, ternyata Suku Dayak juga memiliki beragam kelebihan luar biasa lainnya, apa saja ya?

Di masa lampau, selalu ada kengerian ketika mendengar kata "Suku Dayak." Bayangan sekumpulan orang yang primitif, terbelakang, dan pemakan manusia, selalu menghantui. Padahal setelah kita mengenal dan berinteraksi dengan mereka, hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Masyarakat Dayak tak berbeda seperti masyarakat suku lain pada umumnya, yang memiliki peradaban, adat istiadat, tradisi, dan tentu saja etika terhadap makhluk lainnya. Namun bagi mereka yang kurang memahami, tetap saja masih terbayang kengerian, alasannya karena teringat kejadian pertikaian berdarah antara saudara kita Suku Dayak melawan Suku Madura beberapa dekade silam.

Peristiwa tersebut telah lama berlalu, sudah sepatutnya menjad pelajaran bagi bangsa kita tentang betapa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan negeri ini. Bahwa meskipun berbeda suku, tapi tetap satu.nusa, satu, bangsa, satu tanah air, dan satu darah nenek moyang, Indonesia.

Ketika membicarakan tentang Suku Dayak, banyak orang yang tidak mengetahui beragam kelebihan yang dimiliki oleh suku ini, diantaranya adalah:

Sakti mandraguna

Bukan rahasia lagi bila suku dayak memiliki daya magic yang luar biasa. Ketekunan mereka dalam meramu obat-obatan dari akar bahar alami, dan berbagai ramuan rahasia lainnya, telah banyak terbukti menyembuhkan beragam penyakit. Salah satu contohnya adalah pengobatan oleh Ida Dayak.

Banyak kontroversi dan perdebatan tentang kemanjuran pengobatan ini. Sebab sebagian ahli medis menyebutnya hanya isapan jempol, namun sebagian public figure menyebutnya manjur.

Terlepas dari kontroversi dan perdebatan manjur atau tidak, semua kembali pada keyakinan diri masing-masing. Bagi mereka yang berpikir pengobatan ini masuk akal dan dapat menyembuhkan, maka tidak dapat disalahkan bila orang tersebut memilih cara pengobatan tersebut. Namun bagi yang merasa pengobatan ini tidak masuk akal, tentu saja tidak perlu mengikuti cara tersebut.

Memang masih banyak masyarakat kita mempercayai segala sesuatu di luar nalar, yang jika ditinjau dari pengobatan medis dianggap tidak masuk akal. Namun tak dapat dipungkiri ketika pengobatan tersebut dilakukan dengan penuh keyakinan, melahirkan sugesti yang dapat melahirkan kesembuhan. Bukankah sugesti sangat membantu dalam pengobatan? Jadi sebetulnya faktor kesembuhan dari sugesti atau justru obatnya?

Ida Dayak adalah sosok yang berusaha mengobati, terlepas dari orang mau tidak untuk berobat, juga terlepas dari sahihnya pengobatannya secara medis. Demikian juga dengan masyarakatnya yang kadang mengenyampingkan kelayakan medis, asalkan terbukti menyembuhkan, teori medis belakangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline