Seorang guru yang tidak hanya menguasai materi pembelajaran dan strategi penerapannya namun juga mampu memahami mental psikis siswa akan sangat mudah menyelami situasi lingkungan pembelajaran dan kondisi psikologis siswa tanpa harus ada kekerasan ataupun pelanggaran hak anak
Terkadang kita sering menjumpai guru yang dalam kesehariannya mengajar, sering mengabaikan kondisi kesiapan mental siswa saat memulai pelajaran.
Apalagi jika telah dikejar materi, kondisi psikis siswa terabaikan begitu saja, terganti dengan penjejalan materi yang kadang membuat siswa menjadi stres. Padahal dalam pembelajaran yang baik, bukan hanya terletak pada materi yang bermutu, namun juga kondisi mental psikis yang bermutu pula.
Seorang guru walaupun mungkin ia menguasai pembelajaran di luar kepala, ataupun teknik dan metode yang digunakan luar biasa, tetapi belum dapat dikatakan guru jempolan jika belum memperhatikan kondisi mental psikis siswanya. Ternyata menjadi guru tak semudah membalikkan tangan ya?
Ibarat bersiap-siap menyantap makanan lezat, dengan teknik penyajian menarik serta tidak memperhatikan kondisi si penyantap, yang mungkin saja sedang dalam kondisi kurang fit, dalam tekanan dan masalah. Tentunya akan berpengaruh dalam menyantapnya, bila tetap dipaksakan, maka boleh jadi makanan malah justru akan dimuntahkannya
Demikian juga dengan sebuah pembelajaran, meskipun topik yang akan disajikan menarik, guru sudah siap lahir batin dalam menyajikannya.
Namun siswa dalam kondisi down, sedih, frustasi karena latar belakang masalah yang dibawa dari rumah, tentunya tidak akan menghasilkan penerimaan materi dan pembelajaran yang efekif.
Menyelami mental psikis siswa ciri guru profesional
Memang semua orang bisa menjadi guru, namun tak semua profesional di bidangnya. Jadi, jika Anda menjumpai seorang guru yang tidak hanya menguasai materi, ataupun mantap cara pengajarannya, namun juga memiliki ikatan batin dengan siswa, ditambah skill menguasai lingkungan dan ruangan pengajaran, maka itulah yang layak disebut dengan guru profesional. Ciri ciri guru profesional di antaranya adalah:
Menguasai materi pengajaran