Lihat ke Halaman Asli

Perasaan yang Tersentuh di Panti "Marhamah "

Diperbarui: 9 Januari 2016   11:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tugas kompasiana

“Acara bakti sosial “

Kamis day 1

Pembukaan

Hari ini acara remedial besar besaran disekolah diadakan anak anak diumumkan siapa saja yang bakal remedial. Satu sekolah kalang kabut mengerjakan tugas –tugas yang diberikan oleh guru-guru unutk melengkapi nilai –nilai yang masih kosong , mencakup semua mata pelajaran tak terkecuali pelajaran sosiologi . sosiologi merupakan mata pelajaran yang lumayan paling susah dan ga main – main . semua nilai tugas , ulangan harian , ulangan tengah semseter samapi ulangan akhir semester sangat transparant bahkan semua anak murid mengetahui nilainya berapa , sampai nilai akhirnya berapa . konon katanya satu angkatan kelas 10 tidak ada yang lulus nilainya dan ternyata itu semua benar termasuk saya yang ikut remedial sosiologi . tugas dari guru kami juga ga main main kita disuruh menyelenggarakan acara “ bakti sosial “ di panti asuhan . kita semmua kaget remedial macam apa yang menyuruh siswa/i nya bikin acara baksos . apa mungkin karna sosiologi yang mempelajari tentang kita bersosialisasi dengan orang lain. Sedangkan hari selasa kesmipula dan laporan acara harus sudah dikumpulin ....gila (lebay dikit) . semua angkatan kelas 10 lumayan ketar – ketir juga Cuma dalam waktu 5 hari semua kegiatan harus sudah dilaksanakan  dan selesai tentu nya . sekitar jam 11.00 siang anak-anak kelas kita pada kumpul untuk  rapat penyelenggaraan dari  mulai panitia samapi kegiatan apa saja yang harus dilakukan disana . setelah anak anak sudah kumpull untuk membahas siapa saja yang bakal jadi ketua pelaksana sampai seksi – seksi nya . waktu demi waktu berlalu akhirnya jabatan pun jatuh kepada Alika sebagai Ketua pelaksana dan sofiyul sebagai wakil ketua . setelah mengetahui siap saja yang akan mendapa tugas –tugas nya saya mendapat tugas sebagai fotografer / dokumentasi lumayan lah dari pada ga ada kerjaan dan luntang – lantung.  setelah mengetahui siap saja yang mejadi panitia dan rapat selesai anak – anak pun mulai pulang satu persatu .

Jumat days 2

Pagi – pagi kita sudah harus berkumpul di sekolah untuk membahas tentang bakti sosial (lagi). Hari ini bagian anak – anak untuk mensurvei panti-panti mana saja yang layak untuk kita kunjungi setelah briefing cukup lama unutk membahas semuanya ada sebagian anak yang tidak ikut mensurvei karena bertugas membuat propsal dan susunan acara . suvei dilakukan disetip daerah rumah masiing – masing jelas pasti saya mendapat survei di daerah Jatibening dan sekitarnya . sehabis pulang dari sekolah saya berjalan untuk mensurvei didaerah galaxy jalan demi jalan kami telusuri tapi dijalan raya saja . tapi yang kita dapatkan itu nihil entah kenapa kita ga menemukan sama sekali . akhirnya saya dan devi pulang , devi mengantarkan saya sampai ke rumah sesampai di ikip saya menemukan panti asuhan dijalan raya bernama “ Sinar Pelangi “ , tapi entah kenapa kami kurang enak , karna masalahnya panti asuhan itu didasari dengan agama non- islam (nasrani).mana mungkin anak – anak bakal setuju lagian mayoritas anak kelas kita kan islam semua Cuma devi saja yang non. Itu merupakan kendala pertama dalam mensurvei panti asuhan . setelah berkomunikasi dengan anak- anak melalui Grup Line kelas , mereka menemukan sebuah panti asuhan bernama “Marhamah” . di daerah galaxy (pelosok ) mereka menemukan panti asuhan yang lumayan besar tapi  bukan dijalan raya melainkan jalanan perkampungan yang hanya uat satu mobil , itupun mepet banget. Setelah berkomunikasi lewat Grup kelas kita menentukan bahwa di situlah kita akan mengadakan acara Bakti sosial .

Sabtu days 3

Jumat malam kita sudah membuat perjanjian bahwa hari sabtu kita kumpul di sekolah jam 09.00 . ga boleh ada yang telat (ngarett).karna akan membahas kegiatan / permainan apa saja yang bakal dilakukan disana yang briefing intinya buat persiapan secara keseluruhan agar lebih matang . saya berangkat kesekolah sekitar pukul set.9 saya kira saya bakal telat ternyata dijalan arah jalan Kodau saya bertemu teman saya indah dan yulia sedang naik motor .kita berdua berjalan santai setelah sampai disekolah banyak anak – anak kelas lain yang sudah membentuk kelompok untuk menyiapkan barang – barang untuk kepanti mereka rata –rata berkunjung ke panti pada hari sabtu tapi kelas kita tidak !!! kenapa ?

  1. Hari sabtu itu hari macet banget , banyak orang yang berpergian
  2. Boro-boro pergi hari sabtu sekarang aja masih briefing .

Nah jadi kita semua sepakat kalo baksos nya hari minggu . oke back to the topic . setelah sampai di sekolaj anak kelas kiga belum ada yang datang sama seklai kecuali saya dan 2 teman saya itu .akhirnya kita menunggu . 10 menit kemudian ada yang datang yaitu aldi dan yusril kita memarkir motor kita di dekat Warjo biar anak- anak yang lain liat kalo kita sudah kumpul . 15 menit kemudia belum ada yang datang lagi . sampai indah marah marah karna anak anak ga nempatin omongan nya  sampai set.11 pun baru ada beberapa orang yang datang gimana coba sedangkan besok kita sudah kepanti unutk acara. Ketua Pelaksana dan panitia aja belum datang ya anak anak nya aplagi oke katanya Ketua panitia ada urusan sebentar dan kalo udah kelar langsung kesekolah sedangka Ketua pelaksana sakit , “ mendadak “. Oke saya bakal cerita sedikit jumat malam kemarin #flashback sedikit .saya liat di Grup Line, Alika marah- marah plus minta maaf , i don’t know why ??. masalahnya apa dan di grup line ga ada yang balas line dia atau pun nanggepin... saya bener – bener ga tau apa permasalahnya tapi keesokan harinya saya baru mengetahui apa yang terjadi dari anak – anak .jadi ada maslah yang ga bisa saya ceritakan disini karna takut terjadi kesalah pahaman ya saya gatau pasti mana yang benar dan mana yang salah disini jadi gausah di perpanjang lah ini hanya tugas remedial yang freak . oke lanjut ke topic . waktu sudah menunjukan angkat 11 .00 siang dan anak – anak sudah lumayan kumpul walaupun ga semua akhirya kita briefing dan benar – benar menyiapkan , dan memantapkan mental untuk kegiatan besok dan disini Cuma Ketua Pelaksana yag mungkin tidak hadir . anak- anak pun memustuskan untuk menemui ketua pelaksana setelah berkomunikasi di grup line dengan dia . dan akhirnya ada beberapa anak anak yang pergi kerumah nya sekalian pulang dari sekolah untu membicarakan baksos untuk esok hari adar tidak ada lagi hubugan memanas . saya pun ikut pergi bersama mereka yang akan ke rumah KePlak . tapi saya ga ikut kerumahnya soal nya saya di tungguin oleh orang tua saya di rumah karnaa ada acara keluarga .

Minggu days 4

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline