Lihat ke Halaman Asli

Membangun Budaya Kerja yang Tinggi untuk Menciptakan Masa Depan Perusahaan

Diperbarui: 18 Agustus 2021   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: aptika.kominfo.go.id

Masa depan perusahaan sama saja dalam mecapai tujuan perusahaan itu sendiri jika kita ingin menggapai tujuan dan meraih kesuksesan pada perusahaan pastinya kita harus bekerja sama dengan baik dan efektif guna meminimalisir risiko dan konflik yang akan terjadi di perusahaan nantinya.

Menciptakan masa depan yang baik merupakan tujuan dari setiap organisasi ataupun perusahaan. lalu bagaimana anggota organisasi itu dapat mencapainya?

Salah satu cara membangun masa depan yang baik guna mencapai tujuan dari perusahaan ialah menetapkan budaya kerja yang baik. Budaya merupakan seperangkat nilai kunci, asumsi, pemahaman, dan norma yang dimiliki bersama oleh anggota organisasi dan diajarkan kepada anggota baru sebagai mana halnya yang benar. 

Maka dari itu para anggota dituntut untuk memahami budaya yang ada disebuah organisasi, karena jika para anggota memahami adanya budaya-budaya,para anggota pun dapat memahami nilai-nilai tertentu dan mampu mengetahui cara melakukan setiap aktivitas

Menurut Mangkunegara (2005:316) menyimpulkan pengertian budaya kerja sebagai "Separangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai-nilai dan norma yang dikembangkan dalam perusahaan yang dijadikan pedoman tingkah laku bagi anggota-anggotamya untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal

Sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku, budaya kerja merupakan seperangkat pengetahuan yang built in di dalam individu manusia pekerja yang dengannya manusia bertindak atau berperilaku di dalam dunia kerja. 

Budaya kerja tersebut sudah menjadi bagian di dalam kehidupan seseorang sehingga tanpa pengawasan pun seseorang pasti akan melakukannya sebagaimana pedomannya tersebut.

Budaya kerja itu sendiri kumpulan dari pola perilaku yang melekat pada setaip individu di dalam sebuah orgaisasi. Jika sebuah perusahaan membangun budaya kerja maka dapat disimpulkna bahwa perusahaan itu meningkatkan dan mempertahankan sisi-sisi positif serta membiasakan setia anggota organisasinya untuk ber pola tingkah laku yang baik agar nilai dari perusahaan itu juga baik. 

Dengan nilai perusahaan yang baik maka bisa mencerminkan masa depan yang cerah untuk perusahaan, selain itu juga citra perusahaan di mata para pesaing ataupun pelanggan akan meningkat dan membuat perusahaan bisa menggapai tujuan yang telah ditetap kan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline