Lihat ke Halaman Asli

Permainan Ular Tangga Sebagai Bentuk Intervensi terhadap Isu Lingkungan dengan Pendekatan Kepada Siswa SDN Bulusan oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip

Diperbarui: 9 Desember 2023   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Permainan Edukasi Ular Tangga (Dokumen Pribadi)

Semarang- Universitas Diponegoro menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan fokus pada "Penguatan Kelompok Warga untuk Mendukung Waduk Diponegoro Lestari" di sekitar kampus Undip Tembalang, Semarang. Beberapa tim terlibat dalam melaksanakan berbagai program dengan cakupan yang luas, termasuk kebersihan, kebudayaan, lingkungan, teknologi, ekonomi, keselamatan, dan kesehatan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendukung pelestarian lingkungan sekitar Waduk Diponegoro dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kondisi lingkungan di sekitar Waduk Diponegoro. Tim-tim tersebut melakukan berbagai kegiatan, seperti membersihkan area sekitar waduk, dan mengedukasi masyarakat tentang keberlanjutan dan pengelolaan lingkungan. 

Salah satu bentuk lain edukasi lingkungan yang dilakukan  yaitu dengan pemanfaatan permainan ular tangga. Sasaran intervensi permainan edukasi tersebut merupakan siswa kelas 4B Sekolah Dasar Negeri Bulusan, Kota Semarang. Permainan tersebut terdiri dari beberapa komponen  yaitu arena ular tangga, 2 dadu, 8 pion, dan kartu soal. Berbeda dari biasanya, permain ular tangga tersebut dimodifikasi dengan adanya kartu soal. Sebelum pemain memulai gilirannya untuk mengocok dadu, maka ia harus dapat menjawab pertanyaan yang ada pada kartu soal. Namun apabila pemain tidak dapat menjawab pertanyaan, maka kesempatan bermain diberikan kepada giliran selanjutnya. Pertanyaan pada kartu soal merupakan soal-soal yang dibuat dari materi edukasi pengenalan dan pencegahan terhadap isu lingkungan yang disesuaikan dengan materi yang dipelajari siswa sekolah dasar. 

Permainan Edukasi Ular Tangga (Dokumen Pribadi)

Tujuan permainan ini untuk membangkitkan motivasi bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa untuk dapat berorientasi pada pencegahan lingkungan dan dampaknya padakesehatan. "Harapannya dengan permainan ini dapat meningkatkan pikiran, perasaan, perhatian, dan  minat para siswa untuk terus berperilaku baik dalam mencegah lingkungan disekitarnya membawa dampak positif jangka panjang bagi lingkungan. " Ucap Fakhria Maulida, mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Undip yang melaksanakan program tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline