Lihat ke Halaman Asli

Fakhraen Fasya

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota - UNIVERSITAS JEMBER

Penggunaan Spacial Decision Support System (SDSS) dalam Keilmuan PWK

Diperbarui: 5 September 2021   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kemajuan teknologi membuat manusia mampu untuk melakukan hal yang mungkin dulunya mustahil. Perbedaan kapasitas antara pikiran dan tenaga mengakibatkan manusia memiliki keterbatasan dalam menciptakan sebuah inovasi. Salah satunya jika kita membicarakan tentang informasi spasial. 

Untuk mengumpulkan, mengkaji, hingga mengolah data spasial manusia membutuhkan banyak waktu. Contohnya seperti mengetahui ketinggian daratan, mencari rute jalan terbaik, mencari tahu daerah rawan bencana, dan sebagainya. 

Pekerjaan -- pekerjaan tersebut akan menghabiskan banyak waktu dan juga tenaga. Tidak jarang hasil yang didapatkan tidak konsisten mempertimbangkan terjadinya human error.

Sistem informasi geospasial atau bisa disingkat SIG adalah salah satu penemuan yang dapat digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut. 

SIG merupakan suatu sistem informasi yang berbasis komputer, dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). 

Sistem ini mengcapture, mengecek, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data yang secara spasial mereferensikan kepada kondisi bumi. 

Dengan kata lain, SIG dapat membantu kita untuk dapat melakukan permodelan data dengan keterangan ukuran yang nyata layaknya di permukaan bumi

Dalam pengaplikasiannya SIG sering digunakan sebagai Spatial Decision Support System (SDSS) yaitu menganalisis data spasial untuk menghasilkan sebuah informasi yang dijadikan pertimbangan dalam mengambil langkah. Seperti contoh yang disebutkan sebelumnya. 

SIG dapat digunakan untuk mencari tahu rute jalan terbaik mempertimbangkan jarak terdekat, tingkat kerawanan, hambatan, dan faktor faktor lain yang bisa kita masukkan sebagai variabel pertimbangan. SIG akan melakukan kalkulasi dan mendapatkan nilai yang paling efisien dalam waktu yang singkat.

Dengan fungsi SDSS tersebut, saat ini SIG sudah digunakan oleh banyak bidang ilmu. Terutama bidang ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi baik diatas hingga kebawah. Salah satunya adalah ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota. 

Ilmu ini memiliki dasar yaitu "lahan merupakan sumber daya yang terbatas, namun kebutuhan manusia semakin meningkat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline