Lihat ke Halaman Asli

Personal Branding buat Bisnis? Emang Bisa?

Diperbarui: 5 Juni 2022   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Siapa sih yang gatau Kylie Jenner?

Kylie Jenner lahir pada tahun 1997 di Kota Pulau, yaitu California. Kylie selalu menjadi sorotan di antara saudara-saudaranya yang terkenal di serial realitas, bersaing Dengan The Kardashians. Kylie Jenner memanfaatkan ketenaran keluarganya untuk meluncurkan usaha bisnisnya sendiri termasuk lini kosmetik yang sukses, Kylie Cosmetics, dan menghasilkan jutaan dari penjualan Kylie Lip Kit miliknya. Kylie memiliki keuntungan yang sangat besar dari bisnis kosmetik yang dirintisnya sebesar 278 juta poundsterling atau Rp3,8 triliun. Kylie menjadi anggota keluarga terkaya diantara saudara yang lain.

Kylie Cosmetic merupakan kosmetik dari Amerika yang didirikan oleh Kylie Jenner sendiri pada tanggal 30 November 2015 yang sebelumnya dikenal sebagai Kylie Lip Kits. Setelah meluncurkan Lip Kits-nya dia memberikan nama perusahaan-nya Kylie Cosmetics dan penjualan terus melambung. Pemilihan nama perusahaan Kylie Cosmetics berawal dari terinspirasi-nya Kylie untuk menghilangkan rasa tidak percaya diri karena ukuran bibir-nya dan mengajak para penggemar-nya menjadi lebih percaya diri seperti dirinya.

Bagaimana Seorang Kylie Jenner Beralih Profesi dari Beuty Influencer menjadi Seorang Pebisnis?

Kylie Jenner memiliki banyak pengikut di media sosial di Instagram dan snapchat, dia telah mengumpulkan lebih dari 100 juta pengikut. Pada media sosial, Kylie sering menyampaikan kabar terbaru tentang dirinya yang melibatkan penggemar. Kylie tak ragu untuk menyapa, memuji, bahkan menampilkan foto-foto penggemarnya di akun miliknya. Dengan cara ini para penggemarnya merasa lebih dekat dengan Kylie, tak hanya itu Kylie juga menciptakan keunikan dalam dirinya sendiri yang membuatnya lebih menonjol. (Wiko Rahardjo, 2016). Maka dari itu personal branding menjadi salah satu strategi komunikasi dari seorang Kylie dalam mempromosikan brand-nya. Pengaruh media sosial memang tidak bisa dimungkiri. Bahkan, menurut Forbes, generasi Z lebih sering memakai produk kecantikan yang mereka kenali lewat media sosial.

Kylie adalah kekuatan di media sosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi paling efektif yang digunakan oleh Kylie Jenner ialah dengan memanfaatkan media sosial. Perlu diketahui bahwa, peluncuran stok awal tiga lip kit-nya terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit (dilansir dari BBC Indonesia, 2018).

Sehingga dapat kita peroleh bahwa, personal branding dalam memperkenalkan sebuah produk lebih signifikan hasilnya dibandingkan dengan branding yang dilakukan dari perusahaan atau organisasinya. Seperti yang dilakukan oleh Kylie Jenner, personal branding yang telah ia bangun sejak lama memberikan dampak yang besar terhadap jumlah fansnya di media sosial, dimana itu memberikan keuntungan terhadap strategi marketing paling efektif yang ia jalankan pada perusahaan-nya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline