Lihat ke Halaman Asli

Fajrin Ramadanti

Content Creator

Mercredi Beaute Dukung Makeup Artist Pemula Melalui Program "Mercredi Univers Class"

Diperbarui: 19 Agustus 2022   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Saat ini, sejumlah bisnis terutama di bidang jasa terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Kebutuhan sehari-hari manusia yang semakin hari semakin banyak menjadi salah satu faktor pendorong perkembangan bisnis jasa tersebut. Salah satu bisnis jasa yang mengalami perkembangan di era modern ini adalah bidang jasa tata rias (makeup). Pada masa lampau, profesi penata rias atau makeup artist (MUA) sering dipandang sebelah mata. Namun, saat kebutuhan manusia yang terus bertambah, khususnya kebutuhan dalam mempercantik dan memperindah penampilan, profesi MUA banyak diminati, dan kerap menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama wanita. Di era yang serba digital ini, telah banyak bermunculan konten yang berkaitan dengan makeup, seperti video tutorial makeup yang diunggah di sosial media. Dengan demikian, meningkatnya minat masyarakat untuk menekuni profesi di bidang jasa tata rias (makeup) disebabkan karena banyak faktor, salah satunya yaitu berkembangnya digitalisasi di Indonesia.

Untuk menjadi seorang makeup artist yang hebat dan kompeten, maka perlunya mengikuti berbagai pelatihan untuk menunjang seorang MUA pemula dalam berproses menjadi MUA yang profesional. Berlatih menjadi kunci kesuksesan bagi MUA untuk dapat melakukan sesuatu agar semakin sempurna. Pelatihan-pelatihan yang dapat diikuti, misalnya mengikuti kursus, workshop, dan kelas makeup yang biasanya diadakan oleh akademi kecantikan dan organisasi atau perusahaan yang memiliki brand kecantikan. Makeup class atau kelas makeup merupakan program yang efektif bagi makeup artist pemula dalam mempelajari hasil-hasil makeup dari MUA profesional atau Beauty Guru, teknik-teknik makeup, menambah wawasan tentang dunia MUA, dan menganalisis tren makeup di kalangan masyarakat. Selain itu, biasanya program kelas makeup tersebut memberikan sertifikat keikutsertaan, yang mana dapat digunakan untuk menambah kualifikasi MUA pemula dalam bidang ini.

Mercredi Beaute, brand lokal yang bergerak dalam bidang kecantikan turut berperan aktif dalam mendorong perkembangan proses pembelajaran untuk makeup artist pemula, melalui program kelas gratis yang dinamakan "Mercredi Univers Class". Sebagai sister brand dari Artisan Professionnel yang baru lahir pada 2020, Mercredi Beaute mengadakan program kelas makeup gratis bagi para makeup artist pemula yang diharapkan dapat mendukung dan mendorong mereka yang memiliki niat dan minat untuk memulai karir perjalanan di dunia kecantikan. Berbagai pelatihan nantinya akan dibimbing atau dimentori oleh seorang Coach Pro MUA terbaik, seperti Franky Wu (@itsfrankywu), Sarah Erial (@erialsr.makeupart), Jovanka (@makeupbyjovanka), dan Sherly Kartika (@sherlykartika).

Dengan mengusung beragam tema yang variatif dan kreatif setiap minggunya, "Mercredi Univers Class" dapat memberikan banyak pengetahuan, meningatkan kemampuan (skills) para MUA pemula, serta dapat dengan mudah menganalisis karakteristik atau gaya makeup seperti apa yang mereka suka. Selain itu, program makeup class ini juga dapat menjadi acuan bagi MUA pemula dalam menentukan kemampuan apa yang mereka anggap masih kurang sempurna, sehingga mereka terdorong untuk terus berlatih, bertanya, dan berinteraksi dengan coach pro pada pelatihan kelas makeup.

"Mercredi Univers Class" diadakan setiap hari Rabu pukul 13.00 secara online melalui akun media sosial Instagram @mercredibeaute dengan memanfaatkan fitur Live Instagram. Selama siaran online tersebut berlangsung, Mercredi Beaute memperkenalkan program kelas makeup gratisnya dengan menggunakan tagline #MercrediUniversClass. Pada kelas makeup ini, para MUA pemula berkesempatan bertanya apapun seputar dunia MUA kepada coach pro mereka, yang nantinya coach pro akan menjawab pertanyaan tersebut sehingga dapat memberikan ilmu atau pengetahuan baru bagi MUA pemula.

Fokus target pada program kelas "Mercredi Univers Class" yakni makeup artist pemula, yang mana program tersebut dapat bermanfaat bagi banyak MUA pemula dalam memulai karirnya, serta dapat membangun relasi dengan makeup artist lainnya. Kelas makeup Mercredi diadakan secara online setiap hari Rabu pukul 13.00 melalui akun Instagram Live @mercredibeaute. Siaran tersebut juga dapat ditonton ulang di feeds akun Instagram @mercredibeaute, sehingga tidak perlu khawatir jika tidak sempat menonton sebelumnya. Dengan adanya program kelas gratis ini, Mercredi berharap dapat menjadi penolong dan pendorong para MUA pemula dalam proses belajarnya menjadi MUA profesional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline