Lihat ke Halaman Asli

Fajri Asshdique

Pelajar/Mahasiswa

4 Aspek yang Harus Kita Jaga agar Hidup Kita Menjadi Lebih Baik

Diperbarui: 18 April 2022   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Hidup yang baik/sehat adalah dambaan setiap orang, artikel ini akan menjelaskan aspek-aspek yang menjadi acuan supaya hidup menjadi lebih baik.

1. Physical

Pasti semua orang pernah mengalami sakit dan itu adalah sesuatu yang normal, tetapi seberapa seringnya kita sakit itu tergantung dari diri kita sendiri yang menjaganya bagaimana.

Kesehatan fisik dapat dikatakan ketika anda tidak merasakan gejala-gejala penyakit seperti migran dan lain-lain atau seluruh organ didalam tubuh kita bisa bekerja secara optimal.

Dan ketika fisik anda tidak sehat pasti anda akan merasakannya sendiri, maka kita semua wajib untuk menjaga kesehatan didalam tubuh kita.

Salah satu caranya mungkin anda bisa menghindari merokok atau makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur bisa juga dengan berolahraga secara teratur, dan pasti sejak kita lahir kesehatan fisik sangatlah menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan kita.

2. Social Emosional

Sosial emosional ini bisa terlihat ketika anda dapat merasakan emosinya seperti takut berhubungan dengan orang lain atau anda asik dengan orang yang baru dikenalnya tidak mengenal ras, budaya dan lain lain.

3. Mental Intelektual

Cara berfikir kreatif, bagaimana agar anda saat menghadapi masalah agar bisa menyelesaikannya, misalkan untuk yang masih kuliah berfikir gimana agar bisa mengerjakan laporan, mengerjakan paper.

Sebenarnya tidak sampai di situ saja, artinya ketika anda sudah tidak lagi kuliah formal maka belajarnya tidak seperti diperkuliahan lagi misalkan anda sudah bekerja, maka belajarnya melalui pekerjaan tersebut. Sehingga proses mental intelektual itu terjadi ketika anda dapat menganalisis atau mengolah informasi. 

4. Spritual dan Ruhiyah

Dengan memiliki kebutuhan spritual dan ruhiyah ini kita akan bisa melihat misalkan kita itu berasal dari mana, apa tujuan hidup kita dan bagaimana kita bisa merasakan bersyukur, jika kita sedang bersedih atau takut kemana kita harus bersandar. Maka empat pilar tersebut harus seimbang, jangan sampai dari salah satu pilar itu tidak ada atau sedang tidak berfungsi optimal.

Jika kita ambil contoh dari kursi yang memiliki empat kaki, kemudian satu diantara empat kaki tersebut rusak atau tidak berfungsi, apakah masih bisa digunakan atau di duduki?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline