Lihat ke Halaman Asli

Terungkapnya Gurita Banten

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Terungkapnya Gurita Banten

Oleh: Annisa Fajriani

Seminar yang kemarin diadakan oleh kelas saya yaitu tetang mencari solusi korupsi di banten, seperti yang kita tahu dibanten ini kita sering mendengar istlah gurita atau mengguritanya keluarga atut yang tidak lain dan tidak bukan adalah gubernur kita sendiri, hal ini sudah berlangsung sejak lama sejak atut menjabatsebagai gubernur di periode pertama, pertanyaan kita sekarang adalah “masih adakah solusi atas korupsi di banten??”.

Kenapa kita mengambil tema ini, tema ini sangat cocok bagi kita untuk rakyat banten agar mengetahui apa yang selama ini gubernur kita lakukan, dan agar saat pemilihan gubernuratau yang lainnya tidak tergiur dengan apa yang dinamakan uang, namun kita juga perlu melihat dan memilih pemimpin yang dapa membimbing kita menuju perkembangan ke arah yang lebih baik, coba banyangkan kita memiliki banyak suku dan budaya yang dapat dijadikan potensi wisata dan mengangka tnama baik banten namun apa yang terjadi kita menjadi provinsi termiskin kedua setelah papua.

Seperti pertanyaan tadi,”masih adakah solusi atas korupsi di banten?”, ternyata masih ada kita harus berterima kasih terhadap kpk yang mampu membongkar kasus tersebut. Dengan terungkapnya kasus yang menjerat adik dari atut kita berharap kpk dapat menangkap gurita yang sudah merajalela di banten dan sudah meresahkan masyarakat, menurut pengamat politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (banten), Gandung Ismanto “sepuliuh tahun banten dalam dominasi kekuasaan Atut Chosiyah, sedikitnya telah membuka mata masyrakat, bahwa banten hanya di kuasai oleh elit politik yang hegemonik”.

Tubagus Charei Wardana, adik dari atut telah di tetapkan tersangka atas kasus suap mahkamah konstitusi Akil Mochtar, meurut saya ini adalah peluang besar dalam menangkap atau membasmi gurita-gurtita yang ada di banten.

seperti yang di ketahui, di kalangan banten, khususnya di wilayah serang dan pandeglang, nama Tubagus chasan Sochib atau yang akrab disapa Abah, sudah tidak asing lagi, dialah tokoh yangdi segani dibanten, abah adalah ayah kandung Ratu Atut Chosiyah, gubernur banten saat ini, gurita yang ada di banten ini telah ada sejak atut menjabat mungkin sebelumnya, di kareakan kpk atau pihak yang berwajib tidak dapat mengatasi hal tersebut mereka takut akan para jawara yang ada di banten, hal ini juga di karenakan budaya politik yang ada di banten tidak mengandung demokratis sehingga gurita di banten ini pun merajalela hingga sekaranng.

kabar yang terdengar saat ini adalah Atut yang sedang di periksa oleh kpk, kita berharap sebagai warga banten agar atut menjadi tersangka dan mundur dari posisinya sekarang, kita juga beraharap dengan terbukanya kasus atut ini maka terbukanya peluang buat para pemimpin baru yang lebih baik dan siap membuat banten ke arah yang lebih baik.

Pemimpin seperti apakah yang kita inginkan?, yang pasti bukan pemimpin yang melakukan serangan fajar dimaksudkan untuk memenangkan dirinya tapi pemimpin yang siap untuk memajukan dan mengembangkan potensi banten, menurut berita yang saya baca di internet,”polda bantn terkesan menyembunyikan kasus inni karena terkait dengan keluarga gubernur Banten , hal seperti inilah yang membuat kami tidak percaya dengan kepolisian khususnya polda banten”. tegas seorang aktivis mahaisiswa Banten, Neddy di Serang, rabu (19/6).Neddy mengaku telah mengendus ketidakbersihan dalam penanganan kasus korupsi dana APBN senilai RP 19 miliar untuk mngatasi banjir di wilayah selatan banten pada tahun 2011 tersebut, “kasus ini terkesan didiamkan. penetapan tersangka dilakukan secara diam-diam dan tidak diketahui oleh media. kami mencurigai sikap polda banten yang sengaja mendiamkan status tersangka adik tiri atuttersebut”, Tegasnya.

seorang pemimpin di banten ini tidak hanya di tuntut untuk menjadi jujur namun harus bersikap adil dan tegas terhadap pelanggar-pelanggar, dan di harapkan pula masyarakat ikut turut serta dalam mengambil suara pemimpin jangan kapok untuk memilih, karena manusia bukanlah mahluk yang sempurna jadi akan ada salah dalam kehidupannya.

pemimpin yang baik saat ini yang dapat kita contoh kepemimpinannya adalah gubernur jakarta, Jokowi dodo atau yang lebih akrab di sapa jokowi, dia adalah sosok yang dapat di jadikan teladan bagi siapapun yang igin menjadi pemimpin di masa depan di bawah kepemimpinannya jakarta mulai sedikit demi sedikit berubah mulai dari transportasi yang menabah jumlah arada busway dan menambah koridor, warga banjir kanal timur juga sudah di berikan fasilitaf untuk tempat yang lebih baik dan nyaman yang pasti terhindar dari banjir, dan yang terbaru adalah membuat jalur monorel, jokowi merupakan contoh yang pas untuk seorang pemiimpin seorang yang rendah hati, mampu menampung aspirasi masyarakat, ingin mengetahui keadaan masyarakatnya, disiplin, tegas, berwibawa, tanggung jawab dan memiliki sifat humoris.

sebagai pemimpin yang akan kita pilih nanti kita berharap pemimpin tersebut dapat menjadikan banten lebih baik, mengandalkan semua potensi alam dan budaya yang ada di banten untuk mengangkat nama banten kembali, dan senang hati melihat kenyataan yang ada di masyarakat yang jauh dari kota bukan hanya dari data,sebuah data dapat dimanipulasi namun kenyataan yang dilihat mata kepala kita sendiri tidak dapat di manipulasi.

banyak isu yang mengatakan bahwa polda banten terkesan takut dengan ratu atut namun di balik itu semua saya rasa terdapat KKN di dalam kapolda sehingga kapolda seperti menutup kupin dan berpura-pura tidak melihat apa yang dilakukan oleh gubernur banten, yang menyebabkan terlihatnya kapolda banten memihak kepada ratu atut.

sebagai mahasiswa dan warga banten berharap kepada kpk agar bisa secepatnya menuntas kasus korupsi di banten hingga ke akar-akarnya, dan semoga pemimpin yang akan menggatikan atut dapat menjadikan banten lebih baik bukan menambah masalah tapi menambah solusi yang berguna bagi banten dan sekitarnya. menganut paham politik yang demokratis agar aspirasi masyarakat dapat tertampung sepenuhnya.

terima kasih atas kpk yang telh berani membongkar kasus korupsi yang sudah menggurita di banten semoga banten menjadi lebih baik di mulai dengan lengsernya atut sebagai gubernur banten dan naiknya pemimpin yang dapat memajukan banten.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline