Lihat ke Halaman Asli

Kerja Praktek Mahasiswa UNPAM Membuat Aplikasi Web Penyeleksian Kelas Olahraga di SMPN 1 Parung

Diperbarui: 11 Juli 2022   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fabian syawali, Yuslifar Khalif A.S, Fajrial Subhan (Dokpri)

Tangerang - Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, telah melaksanakan Kerja Praktek di SMPN 1 Parung sebagai Penguat Kompetensi Mahasiswa. Kerja Praktek (KP) sendiri adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa berupa penelitian atau observasi di suatu perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai syaratan kelulusan dan skripsi pada matakuliah tersebut. Kerja Praktek ini merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan praktek.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa yang mengikuti Kerja Praktek di SMPN 1 Parung yang berlokasi di Jl. Tulang Kuning No. 68, Waru, Kec. Parung, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat. Kegiatan ini sendiri berlangsung selama 1 Bulan, yaitu dari tanggal 17 mei 2022 hingga 20 Juni 2022.

Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut didampingi oleh Pembimbing Program Studi dari Universitas Pamulang Bapak Hadi Zakaria, S.Kom, M.kom,. M.M dan Dimas Subarkah, S.Pd sebagai Pembimbing dari SMPN 1 Parung.

(Dokpri)


Perancangan Sistem Aplikasi yang akan dibuat merupakan maksud dan tujuan dari Kerja Praktik ini ialah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara faktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang profesional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata serta Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam perkuliahan pada kegiatan nyata dibidang studinya masing- masing.

Perancangan muka aplikasi web penyeleksian

(Dokpri)

Di era modern ini, kehidupan manusia tidak terlepas dari penggunaan teknologi yang berkembang pesat, contohnya dalam bidang kesehatan, pemerintahan, perusahaan swasta, pendidikan, pariwisata dan lain - lain.

Kemajuan teknologi juga ikut mempengaruhi kebutuhan manusia dalam bidang pendidikan yang dapat mempermudah setiap program kegiatan yang memiliki mobilitas tinggi di era globalisasi ini.

Dalam upaya membantu proses penyeleksian siswa kelas olahraga, Kerja Praktek yang dilakukan adalah untuk mempermudah proses penyeleksian dan  pengolahan data siswa baru kelas olahraga serta meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi.

(Dokpri)

Maka dibuatlah sebuah sistem aplikasi berbasis web penyeleksian siswa kelas olahraga di SMPN 1 Parung yang terkomputerisasi dan terintegrasi. Dengan adanya sistem ini, data tersebut akan mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data dengan baik, benar dan akurat.

Aplikasi Web Penyeleksian Kelas Olahraga bagi Peserta Didik Baru ini dirancang sebagai solusi dari pihak Sekolah " SMPN 1 Parung" untuk mengelola proses penyeleksian secara cepat dan tepat dibandingkan cara  manual sehingga pekerjaaan lebih cepat dan efisien.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline