Lihat ke Halaman Asli

Serunya Acara PHBN di Wanayasa

Diperbarui: 7 September 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

 

Mahasiswa KKN UPI 2023 

Dalam Euforia Carnaval Hari Kemerdekaan di Kecamatan Wanaysa

Pada hari Kamis 17/08/2023 merupakan sebuah momentum bagi masyarakat di Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan yang ke-78. Untuk memperingati hari kemerdekaan, masyarakat di Indonesia secara serentak melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, baik  dilaksanakan oleh sekolah-sekolah maupun instansi pemerintahan. 

Di tahun ini, mahasiswa KKN UPI 2023 berkesempatan memperingati hari kemerdekaan di Desa Raharja bertepatan di kecamatan Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Kacamatan Wanayasa melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di alun-alun Wanayasa yang diikuti oleh 15 Desa yang terdiri dari instansi pemerintahan desa, sekolah, beserta warganya. Selain itu.

Dokumentasi Pribadi

Kacamatan Wanayasa juga mengadakan Carnaval atau sering dikenal dengan arak-arakan yang diperlombakan antar Desa dengan ciri khas masing-masing. Kebetulan Desa Raharja juga mengikuti carnaval tersebut, dengan menyuguhkan beberapa kendaraan hias yang setiap kendaraan tersebut mempunyai tema yang berbeda, diantaranya bertema alam, kesenian, dan keagamaan, yang merupakan ciri khas Desa Raharja. 

Selain kendaraan hias Desa Raharja menyuguhkan 'Gagarudaan' yang merupakan sebuah tanggungan seperti onggoh-onggoh berbentuk burung garuda dengan ekor bendera merah putih yang panjangnya 78 M seperti angka kemerdekaan Indonesia yang ke 78 tahun. 

Dalam acara carnaval (arak-arakan) Mahasiswa KKN UPI 2023 yang bertugas di Desa Raharja turut andil dalam memeriahkan. Pak Sekdes atau Seketaris Desa Raharja, yang kerap disapa Bapa Andan menunjuk mahasiswa untuk menjadi bagian dari Desa Raharja seperti menjadi ponggawa Kepala Desa, menjadi pemimpin barisan carnaval dan ada juga yang menjadi seksi dokumentasi Desa, itu semua agar peserta carnaval Desa Raharja bisa berjalan dengan lancar dan bisa berbaur dengan masyarakat yang ikut serta dalam carnaval.

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Acara berlangsung sangat meriah karena antusiasme seluruh Desa yang ada di kacamatan Wanayasa turut andil dalam memeriahkan acara ini dengan berbagai macam ke aneka ragaman ciri khas tiap Desa yang ditampilkan dan penampilan-penampilan kesenian. sungguh luar biasa Kecamatan Wanayasa dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 taun ini, dengan cara ini mungkin generasi bangsa kita menghargai jasa-jasa pahlawan yang dulu susah payah untuk memperjuangkan kemerdekaan negara ini. 

Penulis: Aliyansyah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline