Lihat ke Halaman Asli

BPJS Berguna untuk Masyarakat Luas

Diperbarui: 19 September 2016   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Indonesia adalah negara yang akan selalu kita hormati dan kita banggakan. Dijaman yang sudah maju, negara kita tetap menjadi negara yang berkembang. Banyak kekurangan-kekurangan disana sini yang perlu diperbaiki agar negara kita menjadi negara maju. Terutama dalam urusan kesehatan.

Pada sektor kesehatan, Indonesia menempati urutan ke dua dari bawah se-ASEAN. Dilihat dari hal ini, dapat disimpulkan kurangnya perhatian pada sector kesehatan. Usaha-usaha pemerintah juga sudah dilakukan dari mulai pengadaan ASKES sampai BPJS yang sekarang masih berjalan.

Keuntungan dari BPJS yaitu dapat digunakan oleh semua masyarakat Indonesia terutama untuk masyarakat menengah ke bawah. BPJS sangat menolong sekali ketika kita dalam keadaan tidak sehat. Sistem yang digunakan yaitu dengan subsidi silang. Jadi, ketika kita yang mejadi masyarakat yang tidak sakit, dengan mengikuti BPJS dapat membantu masyarakat yang sakit, dan juga berlaku sebaliknya, ketika kita sakit dapat terbantu juga. Hal ini juga sesuai dengan sikap kekeluargaan dan gotong-royong yang tinggi yang sudah terkenal dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

BPJS sendiri membantu dengan menggunakan dana APBN untuk kesehatan dan Iuran rutin yang dibayarkan. Iuran rutin ini yang menjadi sarana saling membantu untuk mengatasi administrasi dalam hal pembayaran untuk pengobatan. Iuran rutin juga berbeda-beda dalam setiap kelas. Kita dapat memilih kelas yang sesuai dengan kemampuan ekonomi.

Walaupun masih memiliki beberapa kekurangan, BPJS memiliki sistem yang cukup baik. Kekurangan yang dirasakan oleh masyarakat tentang BPJS adalah adanya masalah sistem administrasi yang sering mengalami eror. Sebaiknya segera diperbaiki, dan bila perlu menyewa IT handal agar sistem administrasi stabil. Menangani kurangnya dalam hal informasi, terutama customer servis. Kegunaan customer servis adalah melayani apabila ada keluhan tetapi masih banyak informasi yang diberikan kurang sehingga masyarakat harus datang ke kantor BPJS. Serta, tentang pembayaran semoga dapat diterapkan secara trasparan agar terlihat kejelasan dalam pembayaran, sehingga masyarakat tau penjelasannya ketika pembayaran tiba-tiba melonjak

Secara keseluruhan, BPJS sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Menjadi salah satu sarana yang sangat membatu masyarakat dalam hal kesehatan. Maka tepat waktulah membayar Iuran rutin agar dapat kita saling membantu diri-sendiri dan orang lain serta dapat memajukan negara Indonesia dalam hal Kesehatan.
Sekian dari saya, terimakasih.

https://web.facebook.com/fajarr.setyatama https://twitter.com/Fajjaraa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline