Lihat ke Halaman Asli

Sehat Menyenangkan Hanya dengan Bernafas

Diperbarui: 5 September 2016   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Siapa sih yang tidak senang sehat? Kesehatan itu mahal harganya lho, juga susah untuk menjaganya. Kesehatan didapat, salah satunya dengan cara mengolah tubuh. Mengolah tubuh agar sehat juga memiliki bermacam-macam cara. Dimulai dari bangun tidur, usahakan jangan langsung duduk atau berdiri, sebaiknya relaxkan tubuh terleih dahulu agar otot-otot ubuh tidak kejang. Kemudian setelah itu, bangun dan bergegaslah mandi, karena jika hal tersebut tidak dilakukan, kemalasan akan timbul. Setelah mandi, tubuh akan menjadi segar, memudahkan kita untuk melakukan rutinitas. Dari sini, mungkin rutinitas yang kita jalani akan berbeda-beda, ada yang kesekolah, pergi ke kantor, ada yang pergi ke pabrik dan lain-lain.

Nah, setelah melakukan banyak rutinitas, kita mungkin memikirkan kapan kita bisa berolah-raga. Waktu berolah-raga sebenarnya sangatlah banyak. Karena olah raga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama tidak mengganggu waktu rutinitas masing-masing.

Olah-raga yang dapat dilakukan ketika waktu senggang adalah latihan teknik pernafasan. Teknik pernafasan itu mudah dilakukan, luangkan waktu selama 30 menit dalam sehari saja cukup. Dengan pola waktu hitungan 5-5-5, yaitu dengan hitungan 5 pertama menghirup, 5 kedua tahan, 5 ketiga hembuskan. Ketika sudah terbiasa bisa menaikan hitungannya menjadi 10-10-10, atau 15-15-15. Kegiatan ini sering saya lakukan ketika sore hari menjelang akan mandi sore.

Saya memilih untuk olahraga demikian karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya tanpa bergerak sekalipun dapat membakar kalori dengan mengeluarkan keringat yang banyak. Pasti ada yang berfikir, kegiatan tersebut menyenangkan dari mana? Kegiatan ini menyenangkan menurut saya karena dengan melakukan hal tersebut tubuh akan relax dan pikiran kita seperti ter fresh. Ketika tubuh relax dan pikiran fresh, saya merasakan tubuh seakan-akan mengobati rasa lelah dari kegiatan rutinitas sehari-hari. Kesegaran akan dirasakan secara sempurna ketika selesai melakukan latihan yaitu mandi sore. Setelah itu, malam hari kita tidak mengalami kelelahan akibat kegiatan rutinitas pagi hari. Senang sehat dengan latihan teknik pernafasan.

https://web.facebook.com/fajarr.setyatama

https://twitter.com/Fajjaraa 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline