Lihat ke Halaman Asli

Moch Fadjar Wisnu

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Inovasi Pemasaran dalam Pemberdayaan UMKM Kopi Tani Pati di Desa Klumpit

Diperbarui: 10 Agustus 2023   07:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Produk UMKM Kopi Tani

Desa Klumpit, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati (23/07/2023) -- Pati, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, telah menjadi tempat lahir bagi sejumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada industri kopi. Melalui inovasi, kreativitas, dan semangat wirausaha, UMKM Kopi Pati telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam mempromosikan kekayaan rasa dan aroma kopi Indonesia ke tingkat lokal dan internasional.

Kopi merupakan salah satu komoditas perdagangan utama di dunia, dengan permintaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di banyak negara, termasuk di Indonesia, kopi adalah salah satu sumber pendapatan utama bagi petani dan pelaku usaha di sepanjang rantai nilai kopi. Namun, banyak pelaku UMKM kopi masih menghadapi berbagai tantangan salah satunya yakni mengenai pemasaran yang belum begitu luas.

Dalam rangka mengembangkan UMKM Kopi Tani Pati, Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro membuat Program Kerja yakni "Pemberdayaan UMKM Kopi Tani Pati". Maksud dari program ini untuk membantu pemasaran Produk Kopi Tani Pati dengan harapan dapat memperluas akses pasar dan dapat meningkatkan penjualan.

Inovasi pemasaran dalam Pemberdayaan UMKM Kopi Tani Pati yang diberikan oleh Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro yakni Platform Pemasaran Online dan Sosial Media. Pemanfaatan Platform media sosial seperti facebook memungkinkan UMKM Kopi Tani untuk mencapai audiens secara luas serta berpartisipasi dalam platform e-commerce seperti shopee yang memungkinkan UMKM Kopi Tani Pati memiliki Toko online sendiri.

Inovasi pemasaran dalam pemberdayaan UMKM kopi memiliki potensi untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam mencapai pasar yang lebih luas. Melalui pemanfaatan teknologi dan pendekatan kreatif, UMKM kopi dapat meningkatkan visibilitas produk mereka, mengembangkan pangsa pasar baru, dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.

Penulis dan Pelaksana : Moch. Fadjar Wisnu Murti (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Administrasi Publik)

Dosen Pembimbing Lapangan : Mochamad Rizki Fitrianto., S.AP., M. AP

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline