Lihat ke Halaman Asli

Fajar setiono

copywriter

Pengertian Sistem Rem pada Kendaraan serta Komponen Lengkapnya

Diperbarui: 4 Agustus 2024   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

edit by:fajar setiono

Sistem rem pada mobil adalah salah satu komponen paling penting yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan laju kendaraan. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jenis sistem rem pada mobil:

1. Rem Cakram (Disc Brake)

Rem cakram terdiri dari cakram yang terpasang pada roda dan caliper yang berisi satu atau lebih piston. Ketika pengemudi menekan pedal rem, tekanan hidraulis mendorong piston di dalam caliper, yang kemudian menekan bantalan rem ke cakram, menciptakan gesekan dan mengurangi kecepatan roda.

2. Rem Tromol (Drum Brake)

Rem tromol menggunakan drum yang terpasang pada roda dan sepatu rem yang dipasang di dalam drum. Ketika pedal rem ditekan, sepatu rem didorong keluar untuk menekan bagian dalam drum, menciptakan gesekan yang memperlambat atau menghentikan roda.

3. Sistem Rem Hidraulik

Sistem ini menggunakan cairan rem untuk mentransmisikan tekanan dari pedal rem ke rem pada roda. Ketika pedal rem ditekan, cairan rem dalam master silinder didorong melalui pipa dan selang menuju kaliper atau silinder roda, mengaktifkan rem.

4. Sistem Rem ABS (Anti-lock Braking System)

ABS adalah sistem yang mencegah roda terkunci selama pengereman mendadak. Sensor kecepatan pada setiap roda memonitor putaran roda dan mengirimkan data ke unit kontrol ABS. Jika terdeteksi roda akan terkunci, ABS akan mengatur tekanan rem secara cepat dan berulang untuk menjaga agar roda tetap berputar, meningkatkan kontrol dan stabilitas kendaraan.

5. Rem Regeneratif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline