Lihat ke Halaman Asli

Fajar Rizki Aji

KKN PKP UNIMAL

Kreatif! Strategi Pemasaran Bisnis di Tengah Pandemi

Diperbarui: 1 Desember 2020   02:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi diolah pribadi dari freepik

Tidak bisa dipungkiri pandemi yang terjadi saat ini memukul telak banyak industri dan pelaku bisnis didunia tak terkecuali di Indonesia tetapi pandemi membuka peluang agar para pelaku bisnis lebih kreatif berkomunikasi dengan konsumennya. Empat pelaku bisnis berikut ini sukses memanfaatkan situasi pandemi jadi peluang, setidaknya kamu bisa belajar dari mereka.

Ilustrasi pribadi

1. For Days, Sebelum pandemi mereka memproduksi pakaian berbahan organik yang ramah daur ulang, For Days bahkan menerima pakaian bekas konsumen untuk didaur ulang jadi sesuatu yang bermanfaat. Setelah pandemi, For Days membuat kampanye donasi sepuluh masker bagi setiap konsumen yang membeli setiap satu produknya, mereka juga menjual masker yang hasil penjualannya digunakan untuk donasi masker. Strategi ini dilakukan karena For Days dengan cepat menganalisa kebutuhan terpenting konsumen saat ini.

Ilustrasi pribadi

2. Brides.Com, Bisnis pernikahan adalah satu bisnis yang paling terdampak pandemi, Bride.com justru memanfaatkannya dengan menerbitkan cerita dari vendor dan konsumen yang batal melakukan pernikahan karena pandemi, kini cerita-cerita itulah yang menghiasi halaman depan Bride.com, hasilnya banyak orang yang tertarik dengan cerita yang autentik dan relatable. Bride.com mungkin akan dijauhi pengiklan jika kontennya menyulitkan bisnis pernikahan, tapi setidaknya mereka punya kedekatan lebih kuat dengan pembaca yang berpotensi menjadi calon konsumen dimasa mendatang.

Ilustrasi pribadi

3. Peloton, Awalnya mereka fokus menjual alat kebugaran beserta kelas kebugaran virtual dengan beragam paket yang disesuaikan kebutuhan konsumen. Setelah pandemi, Peloton justru memperpanjang kelas kebugaran virtual gratisnya hingga 3 bulan, bagikan konten yang mendukung konsumen tapi pastikan sifatnya saling menguntungkan. Konsumen mungkin senang dengan kelas kebugaran virtual gratis, tapi setidaknya Peloton mengantongi email mereka yang berpotensi menjadi pelanggan dimasa mendatang.

Ilustrasi pribadi

4. Toyota, Sebagai salah satu perusahaan besar tentunya berat jika melakukan kampanye pemasaran ditengah pandemi ini, tetapi toyota tetap melakukan pemasaran dengan cara membuat kampanye dengan digital yang proses keseluruhannya dilakukan via aplikasi zoom diruang keluarga si model iklan. Jika perusahaan sebesar Toyota tetap membuat iklan dengan apa yang dimiliki berarti kamupun bisa.

Ingat masa-masa yang buruk seperti sekarang jangan dijadikan alasan untuk melakukan pemasaran yang buruk juga, banyak konsumen yang masih bersedia mendengarkan bahkan melakukan aktivitas pembelian, tetapi mereka hanya akan membeli dari perusahaan yang memecahkan masalah bukan malah menambah masalah. Jadi tetap semangat berjualan ya !

Fajar Rizki Aji, Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Malikussaleh. 

Mengikuti Program KKN Penulisan Karya Pengabdian (KKN-PKP) 

Dibawah Bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Riyandhi Praza, S.P., M.SI 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline