Lihat ke Halaman Asli

Fajar Ramadhan

Hobi Menulis

Update Monografi Desa sebagai Langkah Awal SDG's

Diperbarui: 9 Agustus 2021   00:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Ungaran (28/7) - Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoto Tahun 2021 sudah dimulai per tanggal 30 Juni 2021. Pelaksanaan KKN kali ini sama seperti tahun sebelumnya pada tahun 2020 yaitu KKN yang dilaksanakan secara online. akibat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah di dunia. 

Pada masa pandemi ini, mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN di domisili masing-masing untuk mematuhi kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial yang meminimalisir adanya aktifitas yang melibatkan banyak orang. Annafia Nurbaliza  merupakan salahsatu mahasiswa jurusan Administrasi Publik Universitas Diponegoro angkatan 2018 yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang dengan mengusung program kerja Update Monografi Desa.
 
 
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2012 Tentang Monografi Desa dan Kelurahan dijelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien perlu penyajian data administrasi pemerintahan desa secara menyeluruh, terpadu, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dalam hal ini disusun dalam bentuk monografi desa. Oleh karena itu, monografi desa sangat penting dalam mewujudkan pelaksanaan pelayanan Pemerintah Desa yaitu salah satunya mengetahui perkembangan potensi Desa. 

Tetapi, pada Desa Kalongan hanya terdapat pada papan monografi, oleh karena itu agar mempermudah perangkat desa dalam menyimpan data-data terkait dengan monografi desa diinputlah data-data tersebut. Hal tersebut mendorong An Nafia melaksanakan program "Update Monografi Desa Kalongan" di bawah bimbingan Bagus Rahmanda, S.H, M.H selaku dosen pembimbing lapangan. 

Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah agar mengetahui perkembangan potensi desa, sehingga pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan sesuai dengan sasaran yag tepat serta mempermudah dalam memasukan data-data yang terkait. Pelaksanaan program ini disambut antusias oleh warga. Pelaksanaan program ini diawali dengan mencari data-data kependudukan di Balai Desa Kalongan dan di website resmi Desa Kalongan.

Penulis: An Nafia Nurbaliza Istian, 14020118140094, Administrasi Publik, Universitas Diponegoro.
Dosen Pembimbing: Bagus Rahmanda, S.H, M.H

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline