Lihat ke Halaman Asli

Mas-Mas Jawa, Antara Spesialis Filosofi dan Master Senyum Tipis

Diperbarui: 11 Oktober 2024   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pri

Kata orang, mas-mas Jawa dikenal piawai dalam berfilosofi. Apa pun bisa dijadikan bahan refleksi, karena sebagai manusia, kita dianugerahi akal pikiran untuk memberi pemaknaan positif pada segala sesuatu yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Sebagai insan yang hidup di muka bumi, mas Jawa memiliki pandangan mulia tentang pentingnya menjaga kelestarian bumi dan alam semesta, agar tetap terjaga dan harmonis sebagaimana mestinya sesuai dengan kehendak alam.

Dalam menjalani kehidupan, berfilosofi bagi mas-mas Jawa bukan sekadar teori, melainkan sebuah proses pembelajaran yang mendalam. Setiap pengalaman, setiap peristiwa, selalu diresapi dengan hati dan pikiran yang terbuka, agar bisa memberikan dampak positif. Tak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga bagi lingkungan dan orang-orang di sekitar. Filosofi ini juga mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur dan mengingat Sang Pencipta dalam setiap langkah yang kita ambil.

Selain terkenal sebagai sosok yang mendalam dalam berpikir, mas Jawa juga sering dijuluki "master senyum tipis". Senyum tipis yang mereka tunjukkan bukan hanya sekadar ekspresi, tetapi simbol ketenangan, keramahan, kebersamaan, dan kedamaian. Bagi mas Jawa, hidup dalam harmoni dan rukun adalah prinsip utama. Dalam kesederhanaan senyumnya, ada pesan bahwa dalam segala situasi, penting untuk tetap tenang dan memayungi sekitar dengan sikap yang bijak dan penuh cinta.

Guyub, rukun, damai, dan selalu mengutamakan persaudaraan itulah makna di balik senyum tipis seorang mas Jawa. Senyum yang tak hanya mencerminkan ketenangan batin, tetapi juga komitmen untuk menjaga harmoni dalam kehidupan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline