Lihat ke Halaman Asli

Fajar Novriansyah

Pekerja biasa

Kulit Kepala Gatal, Puasa Saja! Yuk Ikhtiar

Diperbarui: 11 April 2023   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

Merujuk Kamus besar Bahasa Indonesia kulit memiliki enam makna yang salah satu diantara adalah pemalut paling luar tubuh (manusia, binatang, dan sebagainya); jangat. Yang mungkin lebih spesifik di kali ini artikel saya akan bermuara adalah mengenai kulit manusia yang mungkin saya rasakan.

Bagi yang normal akan memilki kulit sempurna sebagai salah satu indra pada manusia sebagai indra peraba, tetapi adapula rekan rekan kita yang mungkin karena masalah genetik, bawaan, akibat derita penyakit maupun unsur kecelakaan yang mengalami kerusakan sehingga mungkin perawatannya berbeda. Secara individu saja manusia juga memiliki pola kulit yang berbeda dan unik, sama halnya seperti sidik jari.

Saya adalah salah satu pemilik kulit sensitif pada area kepala, saya pernah pergi ke Dokter kulit untuk memastikan apa yang saya alami ini. Respon sementara jawabannya adalah Psoriasis yaitu sebuah penyakit inflamasi sistematik yang terjadi, lebih banyak ditemukan pada kulit yang bersifat kronis residif. Salah sat ciri yang mungkin mudah ditemukan dengan mata telanjang adalah pada bagian kulit memerah yang terasa sangat kering, tebal dan bersisik. Sebab ini masih belum dipastikan penyebabnya tapi beberapa penelitian sementara memastikan salah satunya adalah faktor keturunan, stres dan obesitas.

Tapi vonis dokter juga saat itu masih belum valid karena dugaan lainnya adalah sebagai gejala Dermatitis seboroik yang dimana adalah penyakit kulit kronis pada area kulit kepala. Salah satu cirinya adalah kulit kepala memerah, adanya ruam serta bercak bersisik yang terasa gatal. Dampaknya kulit kepala akan mengering, mengelupas, dan memunculkan ketombe yang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Obesitas yang menyebabkan kelenjar sbeum lebih banyak produksi , stres, daya tahan berkurang, depresi dan cuaca ekstrim.

Gejala yang sejenis, rasa gatal tak tertahankan serta ada dua penyebab yang cocok yakni Obesitas dan Stres, tahukan kamu jika sesungguhnya berpuasa akan membantu kamu mengatasi dua hal ini.dari beragam sebab lainnya.

Selain ikhtiar dengan menggunakan sampo yang direkomendasikan dokter, yang kebetulan di jual bebas di pasaran. (maaf saya tidak sebut jenamanya dikarenakan takutnya penanganan yang saya sebutkan salah dan mungkin berbeda dengan tiap individu lainnya)

Tentu salah satu suport yang perlu kita lakukan adalah dari dalam diri kita sendiri terlebih dahulu, contohnya dengan berpuasa. Dimana jika kita berpuasa dengan baik, menimang apa yang kita konsumsi asupan seimbang baik saat berbuka, malam dan sahur yang cukup ditambah olahraga teratur maka obesitas dapat di tekan. Dengan berkurangnya berat badan maka akan memiliki efek drastis pada bentuk tubuh, lemak bekerja sesuai tugasnya tanpa perlu membebani tubuh.

Selain juga artinya menghilangkan salah satu penyebab sakit kulit yang di derita tentu kulit bagian lain akan sama bersinarnya. Jika vitamin yang di dapat tubuh dapat di penuhi tiap harinya dan olahraga yang cukup maka kulit kenyal sehat terawat akan siap menerima templokan obat di kulit kepala yang saya derita, juga mungkin bagi rekan rekan kompasiana dapat aplikasi lotion - skincare dan apalah apalah itu akan maksimal funsinya. Jadi sehat diluar cantik dan ganteng di dalam, eh gimana? gimana? maksudnya sehat lagi ganteng dan cantiknya luar dalam. 

Dengan berat badan yang ideal juga menybabkan kita lebih sehat serta lebih fokus dalam kehidupan sehari hari, dengan tapilan yang segar luar dalam akan membangun semangat menjalani kehidupan dan mencapai target lebih mudah. Artinya kemungkinan stres berkurang karena kita lebih sehat, fokus dan kuat. Eh mengapa demikian.

Dengan sehat dan mood yang baik maka kinerja bekerja akan maximal, jadi fokus saat bekerja sehingga menuruntkan kemungkinan salah langkah lantaran hati tenang otaknya encer. Lebih sehat karena dengan mood yang baik dan fokus kita akan sellau bahagia, inshaAllah dapat masalah dan kendala dengan tetap sabar dan sadar akan mudah melaluinya. Tetap kuat inshaAllah hormon endropin akan diproduksi lebih banyak dan tubuh lebih siap merespon masa depan.

Alhamdulilah dengan rutin puasa Sunah, apalagi sekarang saat wajib sebulan penuh, kulit kepala saya adem sekali, selain berat badan berkurang juga tingkat stres minim, ketombe itu berkurang drastis, bukan tidak ada sama sekalinya, kulit kepala tidak kelupasan, karena jika kumat mengelupasnya parah dan bye bye gatal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline