Lihat ke Halaman Asli

Fajar Novriansyah

Pekerja biasa

UMKM Bisa Cuan dari Iklan yang Tepat dan Cermat

Diperbarui: 3 Desember 2022   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Jika ditanya apa yang ingin dilakukan untuk mendapatkan keuntungan tentu tidak muluk muluk selain barang atau produk kita terjual habis dengan sempurna tanpa sisa apalagi. Tetapi ada banyak kendala yang dihadapi dilapangan terutama bagi pelaku usaha UMKM.

Salah satu kendala yang dihadapi pelaku UMKM terutama bagi yang bergerak sendiri alias survive dalam bisnis kecil yang dilakukan oleh pemula yang serba dilakukan sendiri, secara perorangan dan bukan UMKM yang terorganisir secara bisnis adalah bagaimana memperkenalkan barang dan produknya ke masyarakat yang benar benar butuh dan tepat.

Adapun UMKM yang terorganisir yang saya dapat simpulkan adalah usaha menengah kecil yang memiliki bentuk usaha lebih kuat karena telah berbentuk badan usaha sehingga cara melakukan perkenalan sudah meniru perusahan besar dan lebih terorganisir untuk memulai dan bertahan dalam bisnis.

Pada sesi Podcast di Kompasinival 2022 Pak Leonard Theosabrata selaku direktur SMESCO LLP-KUKM mengatakan tantangan yang dialami UMKM ini sungguh general yakni akses. 

Adapun akses yang dimaksud adalah akses pada bahan baku produm, akses kepada pasar saat produk telah siap jual serta sudah pasti akses financial alias modal dan selalu saja masalah tiga hal tersebut yang menjadi hambatan pada usaha kecil. Klasik memang tapi apadaya?

Salah satu cara adalah untuk menyatukan mereka pada satu jalan yang sama, membetuk semacam koperasi dimana bisa menggabungkan kekuatan, karena jika tidak dapat digabungkan maka akan lebih kuat serta mengurangi persaingan dan memudahkan pengedepankan untuk mengimplikasikan suksesnya penjualan produk.

Sejak pandemi menghantan dari 2020 kesulitan bertambah, tetapi selalu ada jalan salah satunya mengenalkan produk pada platform digital. Pengenalan produk secara digital terutama di media sosial juga pada kenyataan tidak serta merta menyentuh pasar yang sangat dibutuhkan oleh penjual UMKM tersebut, dimana dibutuhkan sebuah platform yang mumpuni untuk mengiklankan secara maksimal dan menghasilkan umpan baik yang maksimum pula.

Dijelaskan pula jika Financial literasi pun penting untuk UMKM, yang sudah semestinya makin di kembangkan untuk lebih mampu mengelola dengan baik agar tidak banyak biaya yang tidak berguna. Banyak cara mendapatkan baik secara daring atau belajar dari seminar.

Dari demikian itu pula langkah untuk memulai digitalisasi adalah dengan banyak belajar lagi, juga tetap menuliskan kesulitan serta berusaha menuliskan jawaban atas kendala yang dihadapi kemudian agar kita belajar lebih baik lagi. Selain itu banyak sekali aplikasi yang gratis dan mudah dikelola. Salah satu kuncinya adalah belajar dan selalu positif.

Sebagian besar UMKM bergerak dengan memperkenalkan diri dengan sosial media. Baik FB dan Google. Tapi jelas belum tentu efektif jika iklan muncul di tempat yang bukan masyarakat tujuan produk digunakan atau dibutuhkan. 

Perkenalkan Infomo untuk menjangkau Cuan anda maksimal, dimana hadir untuk memudahkan dalam mengenalkan bisnis dan produk yang dimiliki untuk lebih maksimal karena tepat tujuan iklan hadir. Infomo adalah salah satu cara menjangkau tujuan UKMK karena telah menjangkau 140 juga lebih pelanggan secara nasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline