Lihat ke Halaman Asli

Fajar Novriansyah

Pekerja biasa

Harga BBM Shell Naik Hari Ini

Diperbarui: 1 Maret 2022   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Hari ini akan menjadi hari yang berat, dengan menghitung waktu mundur ke tepat pukul 00:01 WIB Tanggal 1 Maret ini. Yang nyaris 22 jam lebih telah berlalu dimana harga Bahan bakar minyak di SPBU yang identik dengan logo kerang bewarna kuning cerah naik diseluruh stasiun bahan bakarnya lantaran terimbas kenaikan harga minyak dunia dimana tipe minyak Minyak jenis Brent naik. Sebelumnya untuk jenis minyak bumi tersebut sejak 2015 harganya walaupun ada naik turun belum pernah menyentuh angka USD105/Barrel.

Kenaikan harga minyak tersebut tentunya secara nyata berpengaruh luas pada banyak negara termasuk negara kita Indonesia. Dapat kita lirik harga minyak mentah Indonesia atau lebih dikenal luas sebagai ICP singkatan dari Indonesia Crude Price yang sebelumnya di prediksikan dengan asumsi pengeluaran dana untuk APBN 2022 hanya sekitar USD63/barrelnya. Kini dapat di lihat harga pasar yang jauh lebih tinggi sekitar lebih dari 40% nominal yang dianggarkan oleh pemerintah.

Negara Beruang Merah yang merupakan julukan Rusia pada pekan keempat Februari 2022 telah menyatakan sikapnya pada Ukraina, dengan serta secara aktif menggelar perang terhapap negara yang sama sama menjadi Alumnus UniSovyet tersebut, Kejadian ini juga ditengarai sebagai pemicu kenaikan harga minyak mentah secara global.

Dapat dipastikan beban berat akan bertambah dan kembali datang ke pundak pemerintah terutama BUMN pelat merah kita Pertamina. Lantas apakah tahun ini kita akan besama sama menikmati gejolak dunia perminyakan, baik yang didapat dari nabati semodel minyak goreng yang langka maupun minyak fosil yang kini harganya melambung tinggi?

BBM dengan oktan 88 dengan  Premium memanglah masih disubsidi oleh pemerintah, tetapi tidak semua SPBU Pertamina menjual BBM bersubsidi tersebut. Pertalite pun yang sebelumnya wara wiri digonjang ganjing - dikabarkan akan dijadikan BBM besubssidi juga masih pada rencana serta wancana. 

Padahal BBM dengan Ron 90 ini direkomendasikan banyak prabrikan perakit kendaraan bermotor untuk Mobil dan Sepeda motor yang di produksi 2014 sampai hari ini. Ingat harga murah Premium dengan oktannya yang di bawah standar juga berdampak lurus dengan pengaruh pada mesin kendaraan yang digunakannya. Dan pada dasarnya Pertalite masih jauh lebih irit dari Premium.

Harga pasaran Rp 7.000,- sampai Rp 8.000,- merupakan harga pertalite yang kurang lebih dijual di tiap SPBU Pertamina. Kali ini secara tidak langsung juga serasa menjadi buah simalakama di tengah kenaikan harga minyak dunia ini. Dimana tidaklah semua orang tidak tahu beratnya Pertamina yang cukup tekor akibat menombok selisih harga dari yang beli dan harga jual kepada masyarakat. 

Naik berat untuk rakyat tidak naik nombok, tapi apa mau dikata BBM murah masih menjadi pegangan masyarakat untuk bertahan dan bergerak di tengah ketidakpastian yang diakibatkan Pandemi Covid19 sampai hari ini. Maka dari itu kita mesti lebih semnagat dan tetap berjuang untuk ikhtiar sehat dan lancar dunia akhirat.

Seperti saudaranya yang lebih muda harga produk Ron 92 Pertamax sampai artikel ini ditulis harganya masih stabil berkisar di angka Rp 9.000an yang mungkin daerah lain mungkin bisa sedikit atau banyak berbeda. Akan tetapi harga ini saya lihat di Jabodetabek, Banten dan Jawabarat. Dimana harga jual Pertamax masih lebih murah dibanding kompetitornya baik Shell, Vivo, dan BP AKR yang BBM beroktan 92 sudah diangka belasan ribu rupiah, berhubung harga minyak mentah dunia masih tinggi tnada tanda turun belum nampak.

Berikut saya update harga BBM Shell Indonesia yang naik hari ini 1 Maret 2022 ini, bagi teman yang belum kenal yuk mari kenalan dengan produk BBM Shell yang telah dan kini dijual di Indonesia.

Ron 92 adalah oktan yang dimiliki BBM jenis bensin dengan merk Shell Super. Shell Indonesia memboyong BBM dengan teknologi DYNAFLEX yang teruji mampu membantu membersihkan serta mampu untuk melindungi mesin kendaraan sehingga nyaman untuk perjalanan penggunanya. Kebetulan untuk harga jualnya masih tidak berubah dari harga akhir bulan Februari 2022 yakni di Rp 12.990 per liter.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline