Lihat ke Halaman Asli

Fajar Novriansyah

Pekerja biasa

Santuy, Ada QRIS

Diperbarui: 31 Januari 2021   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Seiring berjalannya waktu begitu banyak pula kemajuan teknologi yang hadir di pelbagai bidang kehidupan manusia, ada banyak penemuan yang mungkin bermanfaat bahkan ada

pula penemuan yang sepertinya nilai gunanya tidak terlalu dibutuhkan dan signifikan di kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang sedang di gencarkan dalam dunia perbankan di tanah air adalah Digitalisasi transaksi baik menabung atau keperluan keuangan lainnya, juga baik secara tunai maupun non tunai.

Jika dibilang Indonesia terlambat mengaplikasi digitalisasi perbankan maka jawabannya tidak juga, karena pengaplikasian teknologi dewasa ini akan lebih mudah diterima masyarakat luas. 

Berdasarkan hasil sensus 2020 dari nyaris 270 juta warga negara Indonesia di huni seperempat lebih oleh Generasi Milenials yang notabene kemungkinan besar mengisi posisi kunci sebagai motor penggerak ekonomi baik dalam usaha mikro dan usaha makro. Ditambah Generasi Z juga yang sebagian besar di dalamnya sudah mulai bekerja. Dan jangan lupakan generasi X yang sebagaian di antaranya masih produktif bekerja. 

Dengan bonus demografi sebesar ini maka kesempatan untuk mengaplikasikan teknologi akan kian mudah. Adapun kemampuan untuk menyerap hal hal baru tentu akan lebih cepat di banding beberapa dekade lalu. Selain karena teknologi informasi yang sudah serba instan dan kontak konfirmasi mengenai informasi yang beredar juga diberi akses yang sangat mudah melalui berbagai media, juga dapat membantu meminimalisir hoax yang ada di lapangan. 

Nah salah satu kemudahan dengan Digitalisasi perbankan yakni sekarang kita tidak perlu juga repot repot untuk pergi langsung ke kantor cabang Bank guna membuka sebuah rekening, hanya dengan selonjoran santai bermodal ponsel dengan aplikasi perbankan keluaran Bank tersebut dan jaringan internet yang memadai Holaaaa rekening akan jadi tanpa ribet. Tentu perlu di garis bawahi eKTP dan pendukung lainnya yang dibutuhkan disiapkan terlebih dahulu ya. 

Sebetulnya sebelum Covid19 di tahun 2020 merebak, beberapa Bank di tanah air memang sudah memberikan layanan ini, tapi setelah Covid19 mengganas dan menyebar ke hampir seluruh dunia, beberapa Bank yang belum memiliki kemudahan ini berlomba untuk menjaga target pasarnya masing-masing. Jadi di sinilah selama tahun 2020 akses digitalisi dimulai secara besar besaran di tanah air, tidak menutup juga di seluruh dunia.

Dikarenakan banyak kegiatan tatap muka dibatasi serta adanya pengurangan kegiatan publik dengan di rubah bekerja dan belajar dari rumah maka tentu saja berdampak secara signifikan pada kegiatan Bank. Maka dari itu banyak layanan yang secara langsung beralih pada layanan secara virtual dan sebagian besar layanan dasar dialihkan pada pemanfaatan teknologi yang ada juga di dalamnya ditingkatkan fungsinya. 

Dua atau tiga tahun belakangan ini juga transaksi dengan layanan uang elektronik meningkat pesat, jauh sebelum ada uang elektronik yang hadir melalui aplikasi yang dapat di unduh di ponsel nasabah, uang elektronik sudah hadir di dekat kita semua. 

Melalui bentuk kartu keluaran Bank uang elektronik sudah hadir menyapa kita semua, pengguna tol, KRL Jabodetabek dan Transjakarta sudah pasti tidak kaget mereka sudah akrab dengan kartu kartuan ini. Bahkan operator seluler pun menghadirkan memiliki sendiri uang elektronik guna memudahkan transaksi penggunanya. 

Semenjak hadirnya layanan transportasi berbasis teknologi daring juga beberapa kanal Market Place dimana penyedia layanan ini telah mengeluarkan uang elektroniknya sendiri atau bekerjasama dengan penyedia uang elektronik yang telah ada, menjadikan pilihan pembayaran layanan ini semakin beragam tetapi tetap mudah. Pada dasarnya Uang elektronik adalah uang yang disetorkan (top up) dahulu oleh pemiliknya kepada penyedia layanan dan di simpan pada media elektronik untuk selanjutnya digunakan sebagai alat pembayaran dengan mengurangi saldo yang ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline