Lihat ke Halaman Asli

Bentuk Komunikasi Nonverbal dalam Organisasi

Diperbarui: 23 Juli 2018   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

zielusiana.com

Komunikasi dalam organisasi menjadi unsur penting karena membutuhkan sosialisasi dan interaksi antara pemimpin dengan bawahan yang ada di organisasi tersebut. Setiap pemimpin maupun bawahan yang ada di dalam organisasi memiliki latar belakang yang berbeda, sehingga komunikasi menjadi kebutuhan yang penting dalam kinerja suatu organisasi. Selain komunikasi secara verbal, sebuah perusahaan juga membutuhkan komunikasi dalam bentuk non verbal. Tujuan utama dari komunikasi non verbal dalam organisasi adalah untuk dapat meyakinkan seseorang karena komunikasi non verbal terjadi secara spontan, tidak berstruktur, atau tidak direncanakan.

Menurut Daft (2015) Nonverbal communication merupakan pesan yang dikirimkan melalui tindakan dan perilaku. Sebagai seorang pemimpin dapat menyimbolkan pesan-pesan penting melalui penampilan, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan tindakan sehari-hari. Komunikasi nonverbal memainkan peran utama dalam perkembangan suatu hubungan. Karena komunikasi non verbal juga merupakan saluran utama yang biasa digunakan untuk mengkombinasikan perasaan dan sikap. Tetapi kebanyakan komunikasi non verbal adalah tingkah laku yang tidak disadari, karena mempunyai keterbatasan dalam memahaminya. komunikasi non verbal sering dilakukan secara reflek atau tanpa disadari ketika seseorang berbicara. Seperti ketika pimpinan  memerahi salah satu karyawan , maka wajah pimpinan akan memerah, tatapan matanya terlihat tajam, tangannya bergetar, suaranya meninggi, dan sebagainya. Kemarahannya tidak hanya tercermin dalam kata-katanya tetapi juga tercermin dalam segenap bahasa tubuhnya itu semakin memastikan seberapa besarnya tingkat kemarahannya.

Beberapa bentuk komunikasi non verbal yang dilakukan oleh pemimpin maupun bawahan dalam organisasi :

Mengetuk pintu

Salah satu bentuk komunikasi non verbal yang biasa dilakukan dalam organisasi. Mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan atasan maupun seseorang yang memiliki jabatan tertinggi berarti menunjukkan kesopanan dan menghormati orang tersebut.

Berjabat tangan

Komunikasi non verbal seperti berjabat tangan ini biasanya dilakukan seseorang saat pertama kali bertemu. Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut menghargai dan menerima hubungan baik. Selain itu, berjabat tangan juga dapat dikatakan sebagai kesepakatan saat melakukan perjanjian atau kerja sama secara deal antar organisasi.

Mengerutkan dahi

Ketika seorang atasan diam dan mengerutkan dahi berarti ada perbuatan atau ucapan yang tidak dimengerti bahkan ada kesalahan yang tidak disadari oleh bawahannya. Komunikasi non verbal ini lebih mudah dimengerti karena terjadi secara spontan ketika ada ucapan atau perbuatan yang tidak dimengerti atau tidak sesuai. Komunikasi non verbal ini juga menunjukkan kepekaan seseorang terhadap suatu yang tidak pasti.

Menggelengkan kepala

Ketika seseorang sedang melakukan diskusi biasanya ada pembahasan atau materi yang disetujui dan tidak disetujui. Seseorang biasanya lebih memilih untuk menunjukkan komunikasi melalui komunikasi non verbal seperti menggelengkan kepala saat tidak menyetujui tanggapan seseorang terhadap materi yang sedang dibahas. Menggelengkan kepala juga bermakna keheranan atau tidak percaya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline