Lihat ke Halaman Asli

Rahasia Bakar Lemak

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Obesitas merupakan permasalahan yang sedang melanda di seluruh dunia saat ini.  Perkembangan permasalahan ini sudah sangat serius ditangani di semua negara karena dari kondisi inilah berbagai macam penyakit muncul, seperti diabetes (penyakit gula), hipertensi, sampai dengan gagal jantung.

Belakangan ini, sudah banyak sekali metode diet dan olahraga baru yang muncul dikalangan masyarakat.  Dari diet mayo yang sedang trend saat ini sampai dengan diet OCD ala Deddy Corbuzier.  pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas mengenai dasar - dasar pembakaran lemak yang normal terjadi didalam tubuh kita.

Pembakaran kalori didalam tubuh kita ini dibagi menjadi 3 (tiga) macam

1. BMR (Basal Metabolic Rate)  atau simple-nya yang disebut metabolisme tubuh. Tubuh Anda ketika Anda tidak berolahraga, juga tetep akan membakar kalori. Kapan pun itu, selama Anda hidup, 24 jam, tubuh Anda membakar kalori, yang digunakan sebagai energi untuk Anda supaya tetap hidup dan berfungsi.  Dalam satu hari proses pembakaran kalori ini 60 - 70 % pembakaran kalori

2. Proses Makan.  Didalam proses makan ini, dari mengunyah, mencerna sampai dengan mengedarkan sari -sari makanan keseluruh tubuh itu semua membakar kalori.  Pada proses makan ini kalori yang dibakar adalah berkisar antara 15 - 20 % kalori yang dibakar.

3. Olahraga atau gerakan fisik.  Semua gerakan fisik seperti menulis, jalan, menyapu termasuk berolahraga, dll semua gerakan fisik mampu membakar sekitar 15 - 20 % kalori.

Jadi, sebenarnya jika anda ingin menurunkan berat badan kuncinya adalah berfokus pada semua macam pembakaran kalori yang ada diatas, khususnya BMR.  karena dengan BMR mampu membakar kalori 60-70 % kalori.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline