3.HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1Kajian Pustaka
Penelitian-penelitian terkait dengan peran psikologi pendidik dalam proses pembelajaran telah dilakukan sebelumnya, menurut fokus kajian masing-masing. Adapun penelitian-penelitian yang terkait dengan peran psikologi pendidik dalam proses pembelajaran antara lain dapat divisualisaikan dalam tabel berikut:
Tabel 1. Tinjauan Pustaka Penelitian Terdahulu
No.Topik Penelitian TerdahuluSubstansi KajianKontribusi Pustaka Bagi Peneliti
1Novianti (2015) "PeranPsikologi Pendidikan Dalam Prosesbelajar Mengajar"Peranan Psikologi dalam dunia pendidikan sangatlah penting dalam rangka mewujudkan tindakan psikologis yang tepat dalam interaksi antara setiap faktor pendidikan. Pengetahuan psikologis tentang peserta
didik menjadi hal yang sangat penting dalam pendidikan. Oleh karena itu,pengetahuan tentang psikologi pendidikan seharusnya menjadi kebutuhan bagi para guru, bahkan bagi tiap orang yang menyadari dirinya sebagai pendidik.
2RudiHaryadi& Cindi Cludia (2021)Penguasaan terhadap ilmu psikologi pendidikan merupakan suatu tuntutan
terhadap orang yang bergelut dalamPsikologiPendidikanbagiguru. Penguasaan guru tentang psikologi
pendidikan merupakan salah satu
"Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Guru"dunia pendidikan sebagai salah satu keahlian pendidik.Sebab, seorang pendidik yang memiliki keahlian mendidik akan mampu membuat individu orang lain (siswa-siswi) belajar dan kualitas seorang pendidik memberi pengaruh terhadap peningkatan