Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva dan Quizizz di Tahun Ajar 2023

Diperbarui: 8 Juni 2023   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva dan Quizizz di Tahun Ajar 2023"

A.PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini memberikan pemahaman dan kebiasaan baru dalam memandang pengetahuan. Pengetahuan dalam seluruh bidang mulai dari ekonomi, sosial budaya, finansial, kesehatan, pertanian, dan tak lupa juga pendidikan.

Pendidikan menjadi serangkaian masalah sekaligus solusi dari terciptanya kemajuan cara berpikir dalam mengembangkan atau menciptakan sesuatu. Hal ini dapat terjadi karena manusia selalu dituntut untuk berkembang serta terus berinovasi menurut pengalaman waktu yang ada, termasuk dalam aspek implementasi pendidikan.

Implementasi pendidikan yang dimaksud dapat berupa penyusunan regulasi, pembuatan materi, penelitian dengan topik pendidikan, hingga kegiatan belajar mengajar di satuan pendidikan atau yang lebih sering disebut dengan pembelajaran.

Pembelajaran merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan di satuan pendidikan menurut regulasi yang berlaku dengan tujuan mengembangkan daya pikir sekelompok orang (yang kemudian disebut siswa/peserta didik) diikuti dengan tujuan pendidikan yang dibuat.

Tujuan pendidikan paling final juga termaktub dalam UUD 1945 yang bunyinya adalah "Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia". Dengan demikian diperlukan Undang-undang atau regulasi lain yang mengatur agar semua tetap sesuai dengan koridor pembelajaran.

Undang-undang atau konstitusi tidak hanya menjadi patokan bahwa seluruh pembelajaran harus sesuai, namun pada pendidikan era sekarang juga ditekankan bahwa inovasi namun tetap bermakna lebih penting daripada menyampaikan seluruh materi pelajaran ke peserta didik.

Inovasi dalam menyampaikan materi atau membawakan pembelajaran merupakan salah satu langkah proporsional dalam mengaplikasikan pembelajaran yang cerdas namun tetap bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu dalam menyampaikan pembelajaran. Cara ini diaplikasikan dalam rangka membentuk pola pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan dari pembelajaran sesuai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline