Lihat ke Halaman Asli

Tugas Mata Kuliah Sistem Basis Data

Diperbarui: 13 Maret 2023   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamu'alaikum wr. wb, semoga rangkuman singkat ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Adapun sumber materinya berasal dari beberapa video yang telah saya tonton, berikut videonya.

- Structure of relational databases

Sekumpulan nilai yang diizinkan atau dibolehkan di setiap atribut disebut domain atribut. Nilai dari atribut bersifat atomic, artinya data yang dimasukkan tidak dapat dibagi lagi. Null merupakan anggota dari setiap domain yang mengidentifikasi bahwa nilai tersebut tidak diketahui.

Dalam basis data Relasi memiliki nilai yang bersifat tidak beraturan atau acak. Selanjutnya adalah skema basis data yang merupakan struktur logis dari sebuah database.

- Database Schema

Data Base scema adaaha struktur logis dalam sebuah data base. Data base instan adalah snapeshot dari data dalam waktu tertentu. Yang termasuk schema yaitu (id, name,dept_name,salary), sedangkan instance nya data-data atau isi dari schema itu yang dibentuk ke dalam sebuah tabel.

keys adalah K super key dari sebuah R jika nilai dari setiap K itu cukup mengidentifikasi keunikan setiap baris.

- Relational Query Languages

Terdapat 3 bahasa yang disebut sebagai pure languages yaitu, Relational algebra, Tuple rekational, dan domain relational.

Relational algebra (aljabar rasional) adalah bahasa prosedural yang terdiri dari sekumpulan operasi yang mengambl satu atau dua relasi sebagai input dan menghasilkan relasi baru sebagai hasilnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline