Open Banking adalah suatu sistem yang menyediakan data jaringan lembaga keuangan kepada pengguna melalui Application Programming Interface (API).
Standar Open Banking adalah bagian dari Visi 2 dan Visi 3 Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, yang bertujuan untuk mendukung open banking dalam transaksi pembayaran untuk mendorong transformasi digital di industri perbankan serta interlink antara bank dan FinTech. Jika ditilik, ternyata pandemi memberikan hikmah tersendiri, karena dengan begitu ada banyak sekali masyarakat yang beralih dari transaksi konvensional menjadi digital, sehingga semakin mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh pemerintah.
Nampaknya, pandemi telah menjadi katalis dalam mempercepat migrasi ke era digital.
Memanfaatkan API terbuka, Open Banking memungkinkan platform e-commerce untuk terhubung dengan aman ke rekening bank konsumen untuk tujuan termasuk memulai pembayaran atau mengambil data atas nama mereka. Ini memungkinkan perusahaan e-commerce untuk membangun pengalaman pengguna yang lebih baik dengan memungkinkan pembeli membayar langsung dari dalam aplikasi.
API Open Banking juga memungkinkan platform e-commerce untuk menawarkan opsi pembayaran alternatif seperti beli sekarang, bayar nanti atau buy now pay later (BNPL). Dengan API Terbuka yang memfasilitasi proses penilaian kredit yang dipercepat, platform dapat memberikan rencana pembiayaan yang disesuaikan dengan risiko untuk meningkatkan tingkat checkout, tanpa menjalankan risiko tingkat default yang tinggi.
Dengan Open Banking, merchant juga dapat menantikan proses orientasi yang lebih nyaman. Dengan memungkinkan platform e-commerce untuk mengakses data rekening bank mereka, verifikasi kepemilikan akun dan proses know-your-business (KYB) lainnya dapat dipercepat, memungkinkan penjual terpercaya untuk memulai dengan cepat. Alhasil, Open Banking mengurangi kemungkinan terjadinya penipuan.
Layanan Application Programming Interface Bank BRI
Bank BRI sebagai penyedia open banking API, menawarkan kemudahan bertransaksi bagi para nasabahnya, baik itu untuk dalam bentuk perorangan maupun dalam bentuk bisnis. Open Banking mengubah cara konsumen menggunakan jasa keuangan dengan memungkinkan industri, seperti e-commerce, untuk menciptakan pengalaman yang terintegrasi Nah, sejumlah layanan yang dapat dimanfaatkan dengan kehadiran dari API ini adalah:
Debit
Merupakan layanan pembayaran online untuk kartu debit mandiri yang dapat dilakukan secara langsung.
Inhouse Transfer
Merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank mandiri untuk melakukan pengiriman uang ke rekening Bank BRI secara langsung.
Interbank Transfer
Merupakan layanan yang memungkinkan nasabah Bank BRI untuk melakukan pengiriman uang ke rekening lain selain Bank BRI secara langsung.
Top Up E-Money
Merupakan layanan yang mempermudah nasabah Bank BRI untuk bisa melakukan pengisian saldo kartu e-money secara langsung tanpa adanya perantara seperti m-banking dan ATM.