Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Kegiatan Magang Industri Mahasiswa Unesa di Divisi Departement QA/QC Struktur dan Perlengkapan Lambung PT PAL Indonesia

Diperbarui: 20 Juni 2024   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Surabaya, 20-06-2024 - Dalam program studi S1 Teknik Mesin di Universitas Negeri Surabaya, mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan magang di suatu instansi atau perusahaan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam nenyelesaikan program strata satu (S1). Tujuan dari kegiatan magang tersebut adalah mahasiswa dapat belajar serta juga merasakan dunia kerja, memahami dinamika dan budaya kerja dalam industri atau perusahaan, serta mendapatkan pengalaman kerja nyata yang relevan dengan bidang studi atau minat.

Magang adalah program kerja praktek yang diikuti oleh mahasiswa atau pelajar di suatu perusahaan atau organisasi untuk memperoleh pengalaman kerja secara langsung.

Pada kali ini, saya Fajar Maulana Ghifari mahasiswa Prodi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik mendapat kesempatan magang di PT PAL Indonesia Surabaya, selama 4 bulan, mulai dari 15 Januari 2024 sampai dengan 15 Mei 2024. PT PAL Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi kemaritiman, yaitu pembuatan Kapal Perang (untuk keperluan alutsista NKRI), Kapal Niaga (untuk keperluan kapal muatan barang dan kapal penumpang), serta Kapal Selam (untuk keperluan alutsista NKRI). Selain pembuatan kapal, PT. PAL Indonesia juga melakukan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan kapal setelah beroperasi yang dilakukan oleh Divisi Pemeliharaan dan Perbaikan.

Selama Pelaksanaan kegiatan magang, saya ditempatkan pada di Divisi Departement QA/QC Struktur dan Perlengkapan Lambung yang memiliki tugas melaksanakan pekerjaan pengecekan bidang pengendalian mutu produksi pada bagian struktur dan perlengkapan kontruksi lambung yang berkaitan dengan kegiatan fabrikasi dan instalasi serta pemeliharaan dan perbaikan. Departemen ini membawahi dan membina 4 biro yaitu:

  • Biro Hull Contruction
    Biro ini bertugas untuk mengecek kualitas pengerjaan pada bagian lambung kapal terutama pada konstruksinya apakah terdapat bagian yang perlu diperbaiki atau tidak.
  • Biro Hull Outfitting
    Biro ini bertugas untuk mengecek kualitas pengerjaan pada bagian lambung kapal terutama pada pemasangan bagian-bagiannya termasuk interior dan peralatan lain.
  • Biro Welding
    Biro ini bertugas untuk merencanakan prosedur pengelasan meliputi WPS, PQR, serta pengujian terhadap welder sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Biro Painting & GRP
    Biro ini bertugas untuk mengecek kualitas pengerjaan pada bagian lambung kapal terutama pada kualitas pengecatan maupun GRP pada kapal.

Dengan ditempatkan pada divisi tersebut, saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru. Hasil yang saya dapatkan selama melaksanakan kegiatan magang di PT. PAL yaitu salah satunya adalah pemeriksaan pengujian pada material menggunakan Ultrasonic Test. Ultrasonik Test atau UT adalah metode pengujian dan mengkarakterisasi ketebalan plat melalui penggunaan gelombang suara frekuensi tinggi. Ultrasonik adalah teknik pemeriksaan yang dapat mendeteksi diskontinuitas bawah permukaan dengan akses hanya satu sisi spesimen.

Dokumentasi Pribadi

Dengan diadakannya kegiatan magang ini, saya selaku peserta magang mengucapkan banyak terimakasih kepada Pimpinan Kantor dan seluruh karyawan di PT. PAL Indonesia, Surabaya yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat melaksanakan magang dengan baik dan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk bekal sebelum terjun ke dunia kerja nantinya.

Dokumentasi Pribadi

Penulis                            : Fajar Maulana Ghifari / 22050754142

Dosen Pembimbing   : Novi Sukma Drastiawati., S.T., M.Eng.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline