Lihat ke Halaman Asli

Resume Olimpisme Materi 11

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamualikum wr.wb

Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk menulis sebuah resume mata kuliah olimpisme. Kali ini materi ke-11 membahas tentang WORKSHOP KETRAMPILAN FASILITASI DALAM PENANAMANOLIMPISME (Untuk Persiapan Praktek Lapangan )”

Ya pada materi ke 11 ini, omjay kembali yang memberikan materi,setelah pada minggu sebelumnya omjay tidak bisa hadir untuk memberikan materi kepada kita.

TUJUAN WORKSHOP :

Meningkatkan wawasan dan kompetensi para mahasiswasebagai calon Fasilitator dalam hal :


  1. Kemampuan merencanakan dan mengembangkan program pelatihan/fasilitasi penanaman nilai-nilai Olimpisme sesuai kebutuhan dengan berbagai latar belakang peserta.
  2. Mampu mensosialisasi & memfasilitasi program penanaman nilai-nilai Olimpisme secara efektifsesuai prinsip dan konsep belajar-mengajar /fasilitasi yang tepat dan efektif

Lingkup Materi WORKSHOP


  1. Pentingnya saling mengenal dalam proses penanaman olimpisme
  2. Memahami teori/ konsep proses belajar-mengajar
  3. Peran fasilitator dalam proses belajar-mengajar/Fasilitasi
  4. Tahapan proses fasilitasi & penerapan model Bloom (4F)

Kontrak & Komitmen Belajar

Guna efektifitas hasil belajar, kita komitmen bersama Yuk …. !!


  1. HP… tidak mengganggu proses workshop
  2. Saling menghargai sesama warga belajar
  3. Agar Semangat dan Antusias, bila fasilitator berseru :

Olimpisme ? !(dijawab : Excellence, Respect , Friendship)

Mau seperti apa kita ?! (dijawab : Citius, Altius, Fortius)


  1. Bila peserta merasamendapatkan ilmu/ Hal baru ....... anda bisa berseru123 !!! (yang lain menjawab : WOW!!)

1. Pentingnya Saling Mengenal


  • Menggambar Foto Diri
  • Berbaris & berkelompok..

Saling Mengenal Antar Peserta Sangat Penting Dalam Proses Penanaman Nilai-Nilai Olimpisme, Kerena :


  1. Keterbukaan akan mempermudah proses belajar
  2. Suasana Informalmenciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan lebih produktif
  3. Mengenal seseorang adalah bentuk dari penghargaaan terhadap orang lain.
  4. …….
  5. …….

2. Teori/Konsep Belajar-Mengajar

Pengertian Belajar – Mengajar

Proses untuk mengubah perilaku, melalui aktifitas / kegiatan yang dapat menambah, mengubah,mengembangkan :


  • PENGETAHUAN (Knowledge)
  • KETRAMPILAN (Skill)
  • SIKAP (Attitude)

Istilah-Istilah Yang Lazim Digunakan Dalam Belajar- Mengajar:



  • Pendidikan(Education) ?

  • Belajar (Learning) ?

  • Pelatihan (Training) ?
  • Pengembangan (Development) ?



Dua Konsep Dasar Dalam Pendekatan Belajar – Mengajar Berdasarkan Objek/peserta

PAEDAGOGI

Ilmu dan Seni Dalam Mengajar Anak

ANDRAGOGI

Ilmu dan Seni Dalam Membantu Orang Dewasa Belajar

Terminologi :

Paid: Anak

Andr: Orang Dewasa

Agogos : Membimbing / Memimpin

a. Prinsip Konsep Paedagogi :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline