Lihat ke Halaman Asli

Resume Olimpisme Materi 10 "Penanaman Olimpisme untuk Membangun Lingkungan Pendidikan yang Kondusif (Orientasi Sekolah-Sekolah Modern)"

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamualikum wr.wb

Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan untuk menulis sebuah resume mata kuliah olimpisme. Kali ini materi ke-10 membahas tentang “PENANAMAN OLIMPISMEUNTUK MEMBANGUN LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG KONDUSIF (Orientasi Sekolah-Sekolah Modern)”

TELAH TERJADI PERUBAHAN DENGAN SEKALA GLOBAL DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI DUNIA


EKONOMI

KENDALI EKONOMIADA DITANGAN NEGARA-2 MAJU

PERSAINGAN BISNI MENINGKAT TAJAM (KOMPETITIF)

SOSIAL

TERBENTUK MASYRAKAT GLOBAL (MULTI SOSIAL)

KEHIDUPAN INDIVIDUALIS MAKIN MENINGKAT

POLITIK

TERJADI DEMOKRATISASI KARENA KETERBUKAAN

KETERIKATAN TERHADAP “REGULASI INTERNASIONAL”

BUDAYA/KULTUR

KETERBUKAAN/TRANSPARANSI

GLOBALISASI BUDAYA, “ CROSS CULTUR “

TERCIPTANYA ” KEHIDUPAN DUNIA MAYA”


SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) MENJADI FAKTOR STRATEGIS

SDM Sebagai faktor sentral “perubahan”

Kompetensi SDM sebagai “nilai kompetitif”

SDM sebagai “aset utama” Negara/Perusahaan

Perlu penyiapandan pengelolaan SDM yang tepat,dengan orientasi “kompetensi global”

KOMPETENSI SDMYANG DITUNTUT OLEH LINGKUNGANKOMPETITIF SAAT INI


Pengetahuan/Wawasan Global

- Berbasis Teknologi dan Informasi

- Kecerdasan dalam Inovasi & Kreatifitas

- Pemahaman Nilai-Nilai Universal (LintasBudaya)

Keterampilan Global

- “ Soft Skill” (komunikasi/interaksi)

- IPTEK & Informatika

- Ketrampilan Kompetitif(spesifik & berdaya saing)

Sikap / Perilaku

- Disiplin, Dipercaya

- Dinamis &Flexible

- Inisiatif & Proaktif

- Inovatif & Kreatif

- Mandiri / “Survive”


Beberapa Artikel Tentang Pendidikan Di Indonesia

Industri butuh tenaga yang memiliki soft skill yang baik. Misalnya ; karakter yangriang, percaya diri, pandai berkomunikasi/interaksi, kreatif, inovatifdan mampu bekerjasama(Dirjen Dikti,Diknas, Republika, 30 Jun 2008)

Soft Skillharus dibangun dan dikembangkan secara terpadu & berkesinambungan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.(Lee Kwanyu, Ex PM Singapura)

“ TELAH TERJADI GAP BESAR ”ANTARAPENDIDIKANDENGAN LINGKUNGANEKSTERNAL DI INDONESIA


Proses Pendidikan

Orientasi terhadap pengembangan

Intelektual (Intellectual development)

Penyiapan untuk menghadapi masalah

yang sederhana

Pembentukan Sikap-Sikap Dasar”

“Normatif” (etika, sopan - santun,

disiplin, birokratis)

PolaHubunganLebih Formal, Satu

Arah dan Otokratis.

“Sukses” » “Hasil/ Prestasi Belajar”

Menekankan “Hard Skill”

Tuntutan Eksternal

Orientasi terhadap “human development “ (Intelektual , ketrampilan dan moral & periaku profesional ).

Masalah yang dihadapi lebih “complex”, yang memerlukan ketangguhandayanalar, fisik dan psikis.

Sikap - SikapProfesional(kejujuran, adil, respek, keunggulan).

Pola Hubungan Informal, persahabatan,saling memahami, kedamaian,leadership)

“Sukses” » “HasilPrestasi/Karya Total” Menekankan pada “Soft skill”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline